Banner Promo Image
Menangkan iPhone 11 dengan bergabung di Parentstory!
Daftar Sekarang

10 Aktivitas Seru untuk Anak Berkebutuhan Khusus Selama #DiRumahAja

Ingatlah, bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) Anda, tetaplah anak-anak, dan ingin melakukan aktivitas yang dilakukan semua anak, yaitu bermain dan bersenang-senang!

10 Aktivitas Seru untuk Anak Berkebutuhan Khusus Selama #DiRumahAja

Sebagai orang tua dari ABK atau special needs child, Anda mungkin memiliki lebih banyak ‘peran’ dari pada sebelumnya selama pandemi Covid-19. Mulai dari orang tua, guru, teman bermain, pengasuh anak sepanjang hari, terapis, juru masak, hingga sebagai karyawan yang bekerja dari rumah. Menurut American Psychological Association (APA), penting untuk mengingatkan para orang tua tentang cinta tanpa syarat, atau dalam bahasa Inggris biasa disebut unconditional love, dan keuntungan dari terus tinggal di rumah bersama anak. Yaitu, rasa bahagia dapat menghabiskan waktu ekstra bersama keluarga lebih banyak dibandingkan biasanya. Untuk menunjukkan kasih sayang Anda pada si kecil dan memperkuat hubungan orang tua dengan anak, Anda dapat memasukkan beberapa aktivitas yang sedikit berbeda ke dalam rutinitas harian anak Anda.

Hal terbaik dari ragam pilihan aktivitas untuk ABK ini adalah, dapat membantu anak-anak Anda meningkatkan keterampilan mereka, namun tanpa terlihat sedang menjalani terapi. Anak-anak pun akan terhibur dengan kegiatannya menyenangkan. Namun yang perlu diingat, tetap sesuaikan aktivitas tersebut dengan usia, kemampuan, dan ketertarikan anak. Berikut 10 aktivitas pilihan untuk Anda lakukan bersama dengan anak selama #dirumahaja. Mari bersenang-senang!

1. Gymnademics: Red Box Learning Kit - Series Curious

Red Box Learning Kit - Series Curious dirancang khusus untuk anak berusia 2 hingga 4 tahun. Dalam satu set permainan ini, si kecil akan memperoleh empat pengalaman belajar beserta aktivitas fisik, seperti Personalized Bucket Hat Painting, Clothespin Hunting Alphabet Letters, DIY Paper Mache Colorful Ball Lamp, dan Gee Oh Geometric Board Shapes. Melalui set permainan ini, Gymnademics akan memberi anak Anda kesempatan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan berbagai keterampilan. Di antaranya, keterampilan kognitif, motorik halus, visual, retensi memori, permainan imajinatif, kreativitas, dan pemikiran ilmiah, yang tentunya dapat menjadi bagian dari terapi ABK Anda. Keterampilan motorik halus adalah gerakan otot-otot kecil di tubuh kita, seperti jari tangan, kaki, pergelangan tangan, tangan, lidah, dan bibir. Anak-anak di bawah usia enam tahun biasanya berkembang sangat cepat, dan dalam kurun waktu inilah mereka mengembangkan sebagian besar keterampilan motorik halus. Kotak pembelajaran di rumah ini didesain untuk pembelajaran yang fleksibel, agar dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi setiap anak, sehingga menjadi percaya diri, imajinatif, dan bahagia.

2. Kinderland: Kids Box - The Kissing Hand

Anak spesial sering mengalami perasaan terasing secara sosial dari teman-temannya, dan jarak sosial selama pandemi ini dapat memperkuat perasaan tersebut. APA menganjurkan orang tua untuk mendorong anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus untuk membicarakan perasaan mereka. Nah, buku ini dapat membantu memulai percakapan. Expressive Art Play ini dapat menjadi diorama dan buku cerita sehingga menjadi sebuah permainan dramatis nan menghibur bagi anak berusia 2-4 tahun. Beberapa tujuan pembelajaran dari Kids Box - The Kissing Hand ini adalah mengembangkan kemampuan imajinasi melalui permainan kreatif, merangsang keterampilan motorik kasar serta halus, merangsang indra sentuhan, dan kemampuan berkomunikasi anak. 

3. Kidea: Kids Box - KLATCH Emoji Stress Ball

KLATCH (Kidea Learning Activity Tools for Children at Home) merupakan sarana anak untuk berkarya di rumah melalui kegiatan yang berguna dalam stimulasi motorik, sensorik, dan kreativitas. Seri Emoji Stress Ball dari Kidea KLATCH ini dapat digunakan oleh anak berusia 4-6 tahun sebagai alat permainan seru dalam mengkreasikan ide mereka untuk menghias Emoji Stress Ball dengan pilihan emoji yang ada, seperti senang, sedih, atau marah. Sehingga anak Anda pun dapat belajar mengenal emosi dan dapat menjadi cara untuk mengungkapkannya. Dilengkapi juga dengan kartu instruksi untuk memudahkan Anda dan keluarga memainkannya.

4. Fun Bake Box: A Gratitude Package x Big Bear and Bird

Membuat camilan atau dessert yang menyenangkan ini adalah pengalaman indrawi dengan warna dan tekstur. Seluruh panca indra anak akan mendapatkan stimulasi selama membuat kue bersama Anda. Anak dapat berkreasi selama pembuatan cupcakes, mulai dari mewarnai, menempel stiker, dan figure playing. Serunya lagi, terdapat pula Fun Bake Box dengan karakter lain, seperti Frozen, Cars, dan Paw Patrol. Penting untuk Anda ketahui, semua cupcakes dapat digunakan anak berkebutuhan khusus selama si kecil tidak ada alergi dengan makanan.

5 Hokipoki: 3-IN-1 Letters and Numbers Set

Sebuah set aktivitas dari Hoki Poki membantu anak Anda mempelajari huruf, angka, dan bentuk sambil mengeksplorasi indra peraba mereka dengan adonan atau dough yang tersedia dalam dua warna. Terdapat pula aktivitas teka-teki serta menulis dan tracing menggunakan buku aktivitas. Pengawasan orang tua dibutuhkan anak selama bermain dengan 3-IN-1 Letters and Numbers Set ini.

6. FLCC: Shoelace Threading

Mengikat tali sepatu bisa menjadi hal yang cukup rumit bagi anak-anak, terutama ABK. Namun, ini menjadi keterampilan adaptif yang penting. Latihan mengikat tali sepatu dapat menjadi stimulasi bagi motorik halus mereka. Shoelace Threading dari FLCC ini merupakan alat peraga Montessori untuk membantu anak-anak belajar mengikat tali sepatu mereka dengan cara menyenangkan, terutama untuk balita, dan cukup mudah.

7. Peek a Box: Sensory Play - Big Kit Series

Permainan sensorik penting bagi semua anak untuk mempelajari cara kerja tubuh mereka, dan cara memproses serta menafsirkan dunia di sekitar mereka. Kadang-kadang, anak-anak yang memiliki perhatian khusus, seperti anak dengan down syndrome dan autisme, memiliki beberapa limitasi. Tetapi, kebutuhan dan pentingnya permainan sensorik tetap sama untuk semua anak. Sensory Play - Big Kit Series berisi tiga aktivitas yang dirancang untuk menstimulasi kelima indra anak dengan permainan yang seru dan mudah dilakukan. Sensory play yang direkomendasikan untuk anak diatas 1 tahun ini dapat pula mengoptimalkan pertumbuhan otak anak.

8. Happy Teepee: Safe Inside My Bubble

Dengan begitu banyaknya ketidakpastian di masa pandemi ini, kecemasan sering kali Anda rasakan. Memunculkan rasa tidak aman dan tidak seimbang. Renungkan bersama si kecil, sebagai sebuah keluarga, dan pikirkan tentang hal-hal yang masih Anda dan anak miliki saat ini untuk membuat merasa nyaman serta aman. Gunakan cat dan spidol kain pada kanvas untuk membuat ‘gelembung aman’ keluarga Anda dan regangkan dalam lingkaran bordir untuk membuat pengingat kecil yang indah tentang semua hal yang membuat Anda merasa aman dan bahagia. Safe Inside My Bubble ini cocok untuk dimainkan bersama anak-anak berusia 4 tahun ke atas.

9. Youreka: Kids Box- Farm to Table (Fruit)

Mungkin Anda merupakan salah satu yang baru menekuni hobi bercocok tanam selama masa pandemi ini? Nah, aktivitas ini dapat menjadi penyaluran hobi Anda sekaligus sebagai cara untuk beraktivitas bersama buah hati Anda, yang tentu memiliki beragam manfaat juga bagi anak-anak. Dalam satu paket Youreka Kids Box ini berisi 3 macam bibit tanaman (jeruk nipis, tomat cherry, terong), 3 buah pot, media tanam, alat menanam, cat acrylic dan kuas, serta lembar pengamatan. Pastikan anak memainkannya bersama Anda, karena aktivitas ini membutuhkan pengawasan penuh dari orang tua.

10. EFL: Montessori Colorful Rice/Rainbow Rice Sensorial Bin

Baik menggunakan tanah, pasir, atau beras berwarna-warni seperti ini, memberikan anak-anak kesempatan untuk menggali dan menjelajah. Sehingga, menciptakan banyak kemungkinan terbuka untuk bersenang-senang dan belajar sambil melibatkan berbagai indra mereka. Montessori Colorful Rice/Rainbow Rice serta Montessori Home Learning Paket A dan Paket B bertema burung dapat digunakan sebagai ‘terapi’ bermain pada anak dengan down syndrome. Sementara itu, Montessori Epsom Salt Colourful cocok bagi anak dengan spektrum autisme.

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.