11 Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Melahirkan

Menjadi ibu baru memilliki tantangan tersendiri. Agar stamina Anda tetap terjaga, konsumsilah makanan berikut ini.

11 Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Melahirkan

Selama hamil, Anda pasti menjaga pola makan agar bayi dalam kandungan mendapat nutrisi yang dibutuhkannya. Setelah melahirkan, pertahankanlah kebiasaan baik itu. Tidak perlu terburu-buru untuk melakukan diet karena ingin mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil. Percayalah berat badan Anda akan turun dengan sendirinya karena lelah mengurus si kecil. Dan yang pasti, sebagai seorang ibu baru, Anda perlu memenuhi kecukupan gizi, untuk pemulihan serta melancarkan proses mengASIhi.

Simak beberapa makanan yang wajib Anda masukkan ke dalam menu harian berikut.

1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Pasti lelah menjadi ibu baru, dengan jadwal tidur bayi yang belum teratur dan seolah ingin menyusu setiap saat. Dapatkan energi ekstra yang dibutuhkan dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang kaya zat besi, ekstra protein dan vitamin B-12. 

2. Salmon

Salmon memiliki kandungan DHA yang penting untuk perkembangan otak bayi. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, manfaatnya bagi ibu yang baru saja melahirkan juga luar biasa, bisa menjaga suasana hati dan mencegah postpartum depression

3. Blueberry

Salah satu buah yang bagus untuk ibu yang baru saja melahirkan adalah blueberry. Buah berwarna biru ini selain mengenyangkan dan enak, juga mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat yang dibutuhkan untuk tetap berenergi. Anda bisa mengonsumsi minimal 2 porsi blueberry, baik dimakan langsung ataupun dijus.

4. Produk Susu Rendah Lemak

Yoghurt, susu, keju atau produk susu lainnya sangat bermanfaat terutama kalau Anda menyusui. Susu mengandung vitamin D dan kalsium yang akan menguatkan tulang, baik bagi Anda maupun si kecil. 

5. Nasi Merah

Anda tidak perlu diet nasi hanya karena ingin berat badan cepat turun. Kehilangan berat badan setelah melahirkan terlalu cepat hanya akan membuat Anda letih dan berpengaruh juga terhadap kuantitas dan kualitas ASI. Pilihlah karbohidrat kompleks yang sehat, seperti nasi merah whole grain untuk menjaga tingkat energi dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

6. Roti Gandum

Asupan asam folat sangat penting ketika Anda hamil. Tapi jangan berhenti setelah melahirkan. Asam folat juga menjadi nutrisi esensial dalam ASI yang dibutuhkan si kecil. Roti gandum utuh mengandung cukup asam folat, serat, dan zat besi yang dibutuhkan.

7. Sereal Gandum

Mulailah hari dengan sarapan juara untuk siap menabung energi sepanjang hari dan malam-malam kurang tidur. Pilih sereal gandum utuh yang mengandung vitamin dan nutrisi yang penting.

8. Telur

Telur kaya akan protein, yang dapat membuat Anda tetap berenergi. Pilih telur yang mengandung DHA. Telur juga adalah bahan makanan yang tidak membosankan karena bisa diolah menjadi beragam menu.

9. Jeruk

Ibu yang menyusui membutuhkan vitamin C, bahkan lebih banyak dari ibu hamil, dan jeruk adalah sumber vitamin C alami yang ideal untuk mendapatkannya.

10. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan vitamin A, yang bermanfaat bagi Anda dan si kecil. Sayuran juga menjadi sumber kalsium dan mengandung vitamin C, antioksidan, serta zat besi.

11. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah kaya akan kandungan zat besi, yang sangat baik untuk ibu menyusui.