11 Manfaat Belajar Mewarnai bagi Anak

Tak hanya menyenangkan, mewarnai ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak!

11 Manfaat Belajar Mewarnai bagi Anak

Buku dan alat mewarnai seperti pensil warna atau krayon adalah salah satu peralatan sekolah yang esensial. Si kecil juga mungkin sudah mulai tertarik untuk menggunakan krayon sedari usia balita. Meskipun di mata Anda ia hanya “mencorat-coret” atau hasil mewarnainya masih di luar garis, jangan surutkan antusiasmenya karena ternyata aktivitas sederhana dan menyenangkan ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya.

1. Belajar Sabar dan Relaks

Kegiatan mewarnai bisa menyibukkan si kecil dalam waktu yang cukup lama, bahkan mungkin berjam-jam. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menyelesaikan mewarnai suatu objek. Dengan begitu si kecil juga belajar untuk bersabar dan relaks sampai ia menyelesaikan karya seninya. Setelah selesai, si kecil juga akan merasa bangga atas pencapaiannya.

2. Belajar Fokus

Sama seperti belajar sabar, mewarnai juga akan melatih si kecil untuk fokus pada apa yang ia kerjakan. Telah terbukti, bahwa anak-anak yang sering menghabiskan waktu untuk mewarnai, memiliki konsentrasi yang lebih baik.

3. Melatih Kemampuan Motorik

Gerakan yang diperlukan dalam mewarnai seperti memegang peralatan dan menggerakkan krayon, membantu perkembangan otot-otot kecil di pergelangan, jari, dan lengan. Kemampuan motorik halus akan melatih anak untuk menulis dan memegang atau mengangkat objek-objek kecil.

4. Memperbaiki Tulisan Tangan

Anak-anak membutuhkan kekuatan tangan dan keterampilan untuk memegang pensil dan menulis di atas kertas. Aktivitas seperti mewarnai akan membantu mereka untuk memegang alat tulis dengan benar. Mewarnai di dalam garis juga akan melatih si Kecil untuk mengetahui batasan. Hal ini akan melatihnya menulis di atas garis.

5. Koordinasi Tangan dan Mata

Anda mungkin menganggap aktivitas mewarnai itu sangat sederhana, namun bagi tumbuh kembang anak, kegiatan ini merupakan keterampilan dasar yang rumit. Dari mulai memegang krayon, meruncingkan pensil warna, memilih warna yang tepat, sampai berlatih mewarnai di dalam garis. Ini akan mengembangkan koordinasi tangan dan mata, juga melatih kemampuan kognitifnya.

6. Melatih Anak Menjadi Kreatif

ini juga bisa menjadi kesempatan si kecil mengeluarkan sisi kreatifnya. Aktivitas ini adalah sarana mewujudkan imajinasinya. Biarkan ia berkreasi sebebas mungkin dan menggunakan warna apapun. Jangan dimarahi jika ia tidak menggunakan warna yang benar atau warnanya masih keluar-keluar garis. Hargai usahanya dan puji hasil gambarnya.

7. Ekspresi Diri

Anak-anak seringkali mengungkapkan kepribadiannya lewat gambar yang ia buat dan warna yang ia gunakan. Ada beberapa yang senang berekspresi lewat kata-kata, namun ada juga yang lebih nyaman mengungkapkan diri lewat seni. Amati gambar dan warna-warna yang ia buat. Jika ia menggambar hal-hal menyenangkan seperti matahari, hati, dengan warna-warna ceria, kemungkinan ia mengungkapkan kegembiraan. Anda harus waspada jika ia menggunakan gambar-gambar ‘mengganggu’ seperti tengkorak atau hantu.

8. Memperkaya Pengetahuan

Melalui aktivitas mewarnai, anak akan belajar roda warna. Ia juga akan belajar mencampur warna-warna primer menjadi warna sekunder dan belajar mengombinasikan beberapa warna. Semakin rumit aktivitas mewarnainya, anak akan belajar mengenai garis, perspektif, bentuk, dan corak.

9. Terapeutik

Ini adalah manfaat dari aktivitas mewarnai yang bahkan dapat diterapkan pada orang dewasa. Dengan menyibukkan diri melalui aktivitas mewarnai, ia bisa meredam emosi, frustasi atau emosi negatif lainnya. Dengan membiasakan anak sedari kecil untuk mewarnai, ia akan memiliki ‘jalan keluar’ yang menyenangkan ketika ada suatu hal yang membuatnya marah.

10. Kemampuan Berbahasa

Anda mungkin tidak menyangka ini, meskipun mewarnai tidak melibatkan kata-kata, namun aktivitas ini bisa meningkatkan kemampuan berbahasanya. Hal ini bisa didapatkan dengan bantuan Anda yang menceritakan gambar-gambar baru yang akan ia warnai di buku mewarnai.

11. Quality time Bersama

Terakhir namun tidak kalah penting, mewarnai bersama anak adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.