12 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

Beberapa dari Anda mungkin pernah bermimpi melahirkan atau menggendong bayi, lalu ingin tahu maknanya. Penjelasan ini mungkin akan menjawab rasa penasaran Anda.

Arti Mimpi Hamil dan Melahirkan

Mimpi telah lama diperdebatkan dan ditafsirkan karena ada makna psikologis yang mendasarinya. Mimpi cenderung dikaitkan dengan pikiran emosional, daripada logika Anda. Ini juga berlaku untuk mimpi-mimpi tertentu, seperti mimpi tentang kehamilan atau melahirkan yang dialami ibu hamil. Menurut psikolog Alan Siegel yang telah lama meneliti mimpi para ibu hamil, mimpi merupakan semacam stimulus untuk mewakili perasaan terpendam pada ibu yang datang bersamaan dengan kehamilan. Dengan kata lain, mimpi ibu hamil cenderung penuh dengan emosi, sebuah cerminan dari perubahan dramatis dari kehidupan yang akan dia alami. Berikut ini adalah beberapa mimpi paling umum yang berkaitan dengan kehamilan dan melahirkan, serta maknanya.

1. Mimpi tentang jenis kelamin janin Anda

Mimpi bukanlah bola kristal yang akan memberi tahu Anda apa jenis kelamin bayi Anda kelak. Menurut Alan, bermimpi tentang jenis kelamin janin Anda menunjukkan bahwa, Anda memikirkan isu gender dan menginginkan jenis kelamin tertentu. Mimpi ini bisa jadi menunjukkan preferensi Anda akan jenis kelamin janin, meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya.

2. Mimpi menggendong bayi

Biasanya mimpi ini terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan perlindungan dan perawatan. Dengan kata lain, dapat melambangkan sebagai sesuatu yang membutuhkan perlindungan atau perhatian lebih Anda. Menurut primbon budaya Jawa, mimpi menggendong bayi laki-laki bisa menandakan hal yang bagus, yaitu menggambarkan kesuksesan dari impian Anda. Sementara itu, mimpi menggendong bayi perempuan dapat menandakan kecemasan dan juga perselisihan di masa mendatang.

3. Mimpi menikah lagi

Bila Anda bermimpi menikah untuk kedua kalinya atau menikah lagi, dapat berarti bahwa kesibukan Anda akan bertambah atau semakin banyak hal yang harus Anda kerjakan. Mungkin saja ini dialami oleh Anda yang sedang meniti karier di pekerjaan atau sedang bertambah tanggungjawabnya dalam kehidupan berkeluarga.

4. Mimpi melahirkan anak kembar

Mimpi kehamilan yang umum lainnya adalah mimpi memiliki anak kembar. Memiliki mimpi seperti itu bukan berarti Anda akan mengandung anak kembar, tetapi sebaliknya Anda secara tidak sadar mempertimbangkan kemungkinan skenario ini. Penjelasan logis lainnya, mungkin ada riwayat anak kembar di keluarga Anda (atau pasangan Anda), atau Anda memiliki hubungan dekat dengan anak kembar. Namun, menurut primbon, bermimpi memiliki anak kembar bisa berarti Anda akan mendapatkan rezeki berlipat ganda.

5. Mimpi berhubungan seks

Ketika hamil, ada aliran darah ekstra ke alat kelamin Anda, peningkatan kadar estrogen yang meningkatkan sekresi vagina, serta payudara yang sensitif dan membesar membuat dorongan seksual Anda mungkin meningkat, tanpa Anda sadari. Namun, beberapa mimpi seks memiliki makna yang lebih dalam. Contohnya, bila Anda bermimpi berhubungan seksual dengan mantan kekasih atau cinta pertama Anda, bukan berarti Anda diam-diam merindukannya. Menurut Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi bersertifikat, mimpi ini menjadi simbol dari kegembiraan, gairah, rasa selalu ingin bersama, dan semua hal indah yang membuat Anda merasa hidup.

6. Memimpikan pasangan

Mimpi ini mewakili sebuah hal yang dapat Anda rasakan, yaitu secara konsisten dalam mendukung kesuksesan atau kesejahteraan pasangan. Mungkin juga mencerminkan sesuatu dalam hidup Anda yang membuat Anda merasa aman, nyaman, atau bersyukur.

7. Mimpi sedang terperangkap

Ketika ibu hamil bermimpi sedang terperangkap atau tenggelam dalam air, menurut Alan Siegel, adalah cara bagi ibu hamil untuk mengidentifikasi diri dengan bayinya, yang ‘terperangkap’ di dalam rahim. Atau bisa jadi Anda merasa akan kehilangan kebebasan saat menjadi orang tua nanti.

8. Mimpi tentang air

Contohnya, Anda bermimpi sedang berenang atau berdiri di pinggir laut. Bermimpi sedang berenang bisa berarti Anda mencoba terhubung dengan bayi Anda, yang berenang dalam rahim Anda. Ini juga cara terhubung dengan alam, karena Anda merasa menjadi bagian dari alam ketika Anda bisa hamil.

9. Mimpi memasukkan bayi kembali ke dalam perut

Jika Anda bermimpi mengeluarkan bayi dari rahim Anda, lalu memasukkannya kembali, kemungkinan besar merupakan cerminan dari keinginan untuk melihat secara langsung bahwa bayi Anda berkembang secara normal. Setelah memeriksa untuk melihat apakah semuanya baik-baik saja, Anda ‘membawa’ bayi kembali ke rahim untuk terus tumbuh.

10. Mimpi bayi binatang

Bagi banyak wanita, peran yang paling dekat dengan peran seorang ibu adalah ketika memiliki hewan peliharaan. Menurut Hillary Grill, pakar psikoterapi di New York, AS, mimpi melahirkan bayi hewan adalah mimpi berlatih menjadi ibu. Bayi hewan tersebut merupakan simbol dari bayi Anda. Dengan kata lain, ini adalah cara pikiran Anda berlatih untuk hal yang nyata, tetapi pada tingkat yang lebih mudah dikelola. Mimpi ini mungkin mewakili rasa takut Anda untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas makhluk yang tak berdaya, yaitu bayi Anda.

11. Mimpi meninggalkan bayi

Banyak wanita takut bahwa mimpi adalah sebuah firasat. Padahal, tak selalu begitu. Menurut Marjorie Greenfield, penulis ‘The Working Woman's Pregnancy Book’, beberapa ibu hamil berbagi mimpinya seperti salah menempatkan bayi, meninggalkan bayi, atau ada suatu bahaya yang menimpa bayi. Marjorie mengatakan, bahwa mimpi adalah cara otak Anda untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan. Mimpi hanyalah proyeksi dari apa yang sedang Anda hadapi, namun itu tidak dapat memprediksi masa depan Anda. Mungkin saja makna dari mimpi ini adalah kekhawatiran Anda akan keselamatan dan kenyamanan bayi Anda, baik selama berada di rahim maupun saat lahir kelak. Ini artinya, Anda sangat memedulikan keselamatan si kecil.

12. Mimpi kehilangan gigi

Gigi yang rontok atau copot adalah simbol dari kehilangan kendali, menurut Jessica Lara-Carrasco, Ph.D., dari University of Montreal's Dream and Nightmare Lab, AS. Bila Anda terus berulang kali memimpikan kehilangan gigi, ini menunjukkan bahwa Anda merasa tertekan tentang masa kehamilan Anda akan memengaruhi hidup Anda.