Banner Promo Image
Menangkan iPhone 11 dengan bergabung di Parentstory!
Daftar Sekarang

3 Pilihan Aktivitas untuk Anak Berkebutuhan Khusus dari Parentstory

Kunci utama agar anak berkebutuhan khusus (ABK) bisa hidup mandiri adalah memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik.

3 Pilihan Aktivitas untuk Anak Berkebutuhan Khusus dari Parentstory

Pada dasarnya, setiap anak membutuhkan kemampuan dasar untuk dapat melakukan aktivitas hariannya. Kemampuan dasar inilah yang nantinya akan membuat anak-anak menjadi percaya diri serta dapat hidup mandiri. Jika pada anak yang tidak memiliki kebutuhan khusus, kemampuan dasar ini dapat dengan mudah dikembangkan, karena mereka mengalami langsung prosesnya melalui imitasi dan mendapat instruksi. Tapi pada ABK kemampuan untuk meniru atau imitasi bisa jadi tidak berkembang dengan segala keterbatasan yang ada. Tak hanya itu, kemampuan untuk memahami komunikasi dan mengekspresikan emosi bisa jadi juga harus lebih diupayakan. Karena itu, pada ABK, perkembangan kemampuan dasarnya sangat bergantung pada kemampuannya untuk beradaptasi atau biasa disebut dengan adaptive living skills (ADL).

Ketika ABK memiliki ADL yang baik, maka dengan mudah dapat menjalani segala rutinitas harian dengan mandiri, seperti makan, berpakaian, menjaga kebersihan diri, sampai berinteraksi dengan orang lain, selain keluarganya. Dan untuk bisa melatih kemampuan ADL, mereka harus menjalani serangkaian terapi yang dilakukan oleh terapis profesional yang kemudian diaplikasikan secara langsung ketika di rumah. Untuk membantu Anda menemukan lembaga terapi profesional, Parentstory memilihkan 3 mitra pelatihan yang dapat mendukung tumbuh kembang ABK, agar bisa beradaptasi dengan baik dan hidup mandiri.

1. Anak Istimewa Therapy Center

Lembaga Pendidikan Anak Istimewa ini menciptakan suasana hangat dan bersahabat atau bagi setiap anak yang mereka terapi. Meski menjalani terapi anak tetap merasa seperti di rumah sehingga proses adaptasinya bisa berjalan baik. Anak Istimewa Therapy Center sendiri berada di bawah naungan Yayasan Kita Istimewa dan sudah fokus melatih ABK sejak 2011. Sebelum menjalani terapi, setiap anak akan menjalani assessment atau pemeriksaan untuk mengetahui apa yang menjadi kelebihan serta hambatan yang dimiliki anak. Sehingga, program terapi yang diberikan bisa optimal mendukung tumbuh kembang anak. Adapun fasilitas layanan yang ditawarkan mulai dari konseling psikolog, terapi wicara, terapi okupasi, terapi edukasi dan perilaku, serta homeschooling. Bahkan, pada masa pandemi seperti sekarang, Anak Istimewa Therapy Center juga dengan antusias menyediakan layanan home visit. Jadi, terapis datang ke rumah dan memberikan terapi langsung secara privat.

2. Keanna Center

Klinik ini didirikan oleh Ahmad Syakib, fisioterapi RSUP Fatmawati. Pengetahuan dan pengalamannya di dunia fisioterapi membuat Keanna Center menjadi klinik dengan layanan mulai dari deteksi sampai menangani masalah tumbuh kembanng anak. Adapun masalah tumbuh kembang yang ditangani tidak hanya yang berkaitan dengan gangguan motorik, sensorik, dan bicara, tapi juga gangguan makan, gangguan konsentrasi, hingga gangguan belajar pada anak. Menariknya lagi, klinik ini juga membuat alat-alat terapi baik untuk keperluan rumah sakit maupun untuk dipakai di rumah. Adapun alat terapi yang disediakan seperti matras, quadriceps bench, wall bars, rocking board, kartu edukatif, puzzle, sepatu khusus, sampai kursi cerebral palsy.

3. Bintang Swimming Class

Selain melakukan rutinitas terapi, bermain, dan bersosialisasi, anak-anak berkebutuhan khusus juga disarankan untuk berolahraga secara teratur. Mengapa? Olahraga tidak hanya membantu metabolisme tubuh anak bekerja dengan baik dan membuat sistem imun tubuh terbentuk maksimal, tapi juga berdampak positif terhadap perkembangan kognitif ABK. Bonusnya, olahraga akan membuat anak lebih percaya diri dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Adapun salah satu olahraga yang disarankan adalah berenang. The International Journal of Sport Psychology bahkan menyebutkan, olahraga air seperti berenang memberikan efek menenangkan bagi ABK, terutama anak penyandang autistik. Tak hanya itu, berenang juga bisa melatih motorik kasar serta melatih anak-anak berkebutuhan khusus untuk bisa lebih berkonsentrasi.

Tapi, kebanyakan orang tua yang memiliki ABK merasa tidak percaya diri untuk mengajarkan anak mereka berenang. Persepsi yang paling jamak adalah, ABK tidak akan bisa beradaptasi dengan situasi di kolam renang. Adalah Bintang Swimming Class yang menggunakan metode hipnoterapi untuk membantu ABK agar bisa berenang. Bintang Swimming Class menyediakan guru renang yang sudah terlatih menghadapi ABK, sehingga disesuaikan dengan kemampuan setiap anak. Karena, target dari belajar berenang secara privat ini bukanlah pada teknik dan gaya renang yang sempurna, melainkan untuk mendukung tumbuh kembang serta membentuk rasa percaya diri ABK. Tak hanya memilihkan tempat-tempat aktivitas terpercaya untuk anak-anak istimewa Anda, Parentstory juga memberikan potongan harga 50% jika Anda bergabung di Parentstory Club. Jadi tunggu apa lagi, ayo langsung bergabung dan temukan beragam pilihan aktivitas yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak istimewa Anda!

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.