6 Manfaat Permainan Playdough yang Bisa Mengejutkan Anda

Selain menjadi ‘teman bermain’ yang menyenangkan bagi si anak, ternyata ada beragam manfaat lainnya dari permainan playdough.

6 Manfaat Permainan Playdough yang Bisa Mengejutkan Anda

Apakah membuatnya sendiri atau membelinya di toko, playdough bisa dibilang dimiliki hampir semua anak balita di perkotaan. Playdough merupakan plastisin (suatu kerajinan atau modeling berbahan lunak) mainan yang merupakan bentuk modern dari permainan adonan tanah liat dan lilin.

Meski terlihat sederhana, ada sensasi membentuk, menarik, dan menggulung adonan lembut yang didapatkan anak ketika bermain playdough. Kabar baiknya, sensasi tersebut ternyata tak hanya membuat si kecil senang, tapi juga memiliki berbagai kebaikan untuknya. Apa saja? Simak manfaat permainan playdough berikut ini.

#1 Merangsang Kekuatan Otot Jari dan Motorik Halus

Bukan hanya sensasi atau kepuasaan pada indera peraba yang diberikan permainan semacam ini. Menurut Dr Suzy Green, pelatih dan psikolog klinis di Australia, serta pendiri The Positivity Institute, permainan ini berkontribusi terhadap perkembangan fisik anak. Berdasarkan penjelasan Suzy pada essentialbaby.com.au, menggunakan bahan-bahan yang dapat digulung, diperas dan dibentuk sesuka hati akan membantu anak-anak balita membangun kekuatan di otot-otot di jari-jari dan tangan anak. Otot-otot jari tersebut nantinya akan berguna dalam pengembangan keterampilan motorik halus, seperti memotong, menggunting, memegang pensil, dan menulis. 

#2 Melatih Koordinasi Tangan dan Mata

Suzy mengemukakan pula, playdough dapat membuat anak-anak belajar koordinasi tangan-mata. Sebab, anak menggunakan tangan serta matanya untuk membentuk dan memainkan jenis bahan ini. Ketika sedang bermain playdough, anak Anda biasanya mengambil alat pendukung mainan yang berbeda, seperti rolling pin dan pemotong kue. Alat-alat ini, yang datang dalam berbagai ukuran, akan mengembangkan koordinasi tangan-mata anak untuk membentuk playdough agar sesuai dengan ide-ide mereka. Misalnya, membentuk playdough menjadi berbentuk donat, binatang, dan sebagainya.

#3 Mengembangkan Imajinasi

Menurut Dr. Ginni Mansberg, seorang dokter umum yang terkenal lewat acara TV Sunrise 7 Channel di Australia, playdough memiliki nilai yang luar biasa untuk anak-anak. Pasalnya, permainan di mana anak dapat membuat aturan sendiri atau bahkan tanpa aturan, seperti playdough, memungkinkan imajinasi anak menjadi berkembang.

#4 Sarana ‘Bonding Anak dengan Orang tua

Ginni juga menjelaskan, bahwa bermain playdough, merupakan kegiatan yang bagus untuk duduk dan berinteraksi antara orang tua dan anak. Terutama, ketika Anda membiarkan anak yang mengarahkan permainan atau membuat aturannya. Ini berarti, playdough bisa menjadi sarana mengeratkan ikatan anak dan orang tua. Namun, Ginni menyarankan orang tua untuk melepaskan kontrolnya agar dapat benar-benar menikmati permainan ini bersama anak. 

Suzy juga sepakat dengan Ginni. Menurutnya, orang tua memainkan peran yang sangat penting dalam bermain, terutama ketika di rumah dan sebelum anak mulai sekolah. Tidak hanya akan belajar keterampilan penting untuk kehidupan dan sekolah, keterlibatan yang terjadi antara orang tua dan anak-anak sangat penting untuk membangun hubungan jangka panjang. 

#5 Melatih Kreativitas dan Merangsang Rasa Ingin Tahu

Menurut Suzy, kreativitas adalah keterampilan hidup yang sangat penting dalam membantu anak mengembangkan strategi untuk berhasil mengatasi sebuah masalah dan menemukan solusi. Penggunaan tanah liat dan playdough dalam kegiatan bermain anak juga merangsang rasa ingin tahu anak. Dua hal tersebut merupakan keterampilan hidup (life-skill) dan kekuatan yang penting untuk pembentukan karakter anak.

#6 Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berhitung

Tidak mudah membuat anak-anak tertarik untuk belajar, terutama mata pelajaran yang rumit, seperti membaca atau matematika. Bermain playdough bisa menjadi sebuah alat yang luar biasa untuk mengajarkan anak-anak Anda tentang berhitung, angka, berkomunikasi, berbicara, mengenal bentuk, memberikan deskripsi, dan banyak lagi.