Banner Promo Image
Menangkan iPhone 11 dengan bergabung di Parentstory!
Daftar Sekarang

Ajak Anak Menjelajahi Antariksa Bersama Parentstory!

Jika pandemi virus corona membuat keluarga Anda terjebak di rumah dan merindukan petualangan, ke luar angkasa misalnya, Parentstory siap membantu Anda!

Ajak Anak Menjelajahi Antariksa Bersama Parenstory!

Hingga kini, sebagian besar orang masih memilih untuk terus di rumah saja demi melindungi diri dari Covid-19, dan membantu pemerintah dalam memutus penyebaran wabah ini. Mungkin Anda dan keluarga salah satunya. Meski raga Anda dan keluarga tak dapat ke mana-mana, namun imajinasi tetap bisa berkelana. Karena itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengajak si kecil dan imajinasinya untuk ikut berpetualang bersama-sama.

Apakah ia ingin menjadi astronot? Atau menghabiskan waktu mempelajari alam semesta, melompat-lompat di bulan, membuat planet, hingga menghias roket miliknya? Nah, jika jawabannya, ‘Ya’, mari mengajaknya berkunjung ke antariksa selama terjebak di rumah. Berikut adalah 7 aktivitas luar angkasa untuk anak-anak yang akan mendidik dan menghibur mereka!

1. Kidea Kids Box: KLATCH My Galaxy

KLATCH (Kidea Learning Activity Tools for Children at Home) merupakan sarana anak berkarya di rumah melalui kegiatan untuk merangsang stimulus motorik, sensori, dan kreativitas, yang dibuat oleh Kidea Preschool & Kindergarten. My Galaxy sendiri merupakan aktivitas seru yang dapat anak-anak lakukan bersama orang tua dalam membuat hiasan yang bertemakan luar angkasa. Semua yang ada di kotak My Galaxy ini dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak serta memperkaya kosakata anak usia 4 sampai 6 tahun. Paketnya berisi 1 papan tebal yang menggambarkan suasana di bulan, satu set gambar bertema luar angkasa (astronot, planet bumi, mahluk luar angkasa, roket, dan lain-lain), botol kecil, kertas krep merah kecil, dan lem. Tak hanya berisi aktivitas, tapi juga terdapat buku cerita yang bisa Anda bacakan pada anak, beserta playbook yang meminta anak untuk melengkapi alur sebuah cerita.

2. Clip Clap: Kreasi Clip Clap Luar Angkasa

Anda memiliki anak balita? Bila ya, Kreasi Clip Clap ini dapat Anda kenalkan pada si kecil. Aktivitas seni sederhana ini cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas yang memiliki berbagai manfaat. Mulai dari sebagai sarana memperkenalkan antariksa pada anak, hingga memberikan stimulasi motorik kasar dan halus, koordinasi, serta keseimbangan anak. Selain itu, Anda dapat merangsang koordinasi mata dan tangan (hand-eye coordination) anak, melatih keterampilan menulis atau belajar memegang alat tulis, mengenalkan bentuk dan warna, sekaligus pengenalan profesi astronot. Dalam satu boks ini begitu banyak yang dapat Anda dan keluarga mainkan. Seperti permainan Engklek Luar Angkasa, buku aktivitas antariksa, lembar kegiatan luar angkasa, art and craft piring kertas bertema galaksi, dan bonus lembar mewarnai roket serta benda langit.

3. Peek-a-Box: Lava Rocket Lamp – Mini Kit Series

Peekabox adalah box berisi rangkaian aktivitas yang dirancang bagi anak usia 1- 5 tahun untuk mengisi waktu luang anak dan dapat menjadi pengalih dari kegiatan dengan gawai. Peekabox juga memperkenalkan anak dengan tema-tema di sekitar mereka dengan cara yang menarik sambil mengasah kemampuan mereka sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak pada umurnya melalui bermain. Pada boks berisi aktivitas dari Peekabox, terdapat berbagai aspek permainan seperti free play atau bermain bebas, sensory play, dan role play (permainan peran), yang semuanya dirancang untuk merangsang otak anak dalam bereksplorasi, berimajinasi, dan berkreativitas. Bagi anak-anak yang sedang menggemari hal-hal berhubungan dengan antariksa, mini kit ini akan menjadi paket permainan yang sempurna untuk mereka. Di dalam mini kit ini terdapat 1 set aktivitas pembuatan lava rocket lamp serta kegiatan menghias planet. Dalam eksperimen lava lamp, anak dapat belajar tentang berat jenis cairan yang berbeda-beda serta mengetahui bahwa air tidak bisa bersatu dengan minyak.

4. Happy Teepee: Starry Night Sensory Play Kit

Perangkat sensorik ini terinspirasi oleh langit malam nan penuh bintang. Kegiatan ini dapat dimainkan pada siang hari yang cerah, tetapi untuk pengalaman bermain yang lebih seru, redupkan lampu ruangan dan tutup tirai untuk menyaksikan langit malam yang bersinar. Biarkan si kecil mengotak-atik biji-bijian, beras berwarna biru, awan halus, hingga terpikat dengan kelap-kelip lampu LED serta bintang yang bersinar dalam gelap. Anda juga bisa membuat ornamen bulan sabit dengan menggunakan tanah liat kering atau playdough untuk menghiasi baki sensorik Anda. Cocok bagi anak berusia 8 bulan hingga 3 tahun.

5. Happy Teepee: Planet Garland Process Art Kit

Cahaya atau lampu memberikan pengalaman indra visual yang sering tidak didapatkan di lingkungan pembelajaran di sekolah. Padahal, menurut Happy Teepee, cahaya dapat menjadi salah satu elemen eksplorasi dan penemuan paling menarik pada anak-anak. Sebuah cara untuk memanfaatkan emosi, kreativitas, imajinasi, dan pembelajaran konkret anak. Lewat art kit ini, anak akan terpesona oleh eksplorasi yang menarik dan inspiratif dari cahaya. Setelah membaca buku yang sangat keren dan informatif tentang luar angkasa ini, anak Anda dapat menerangi sudut kamarnya dengan untaian planet yang terbuat dari bola pingpong. Anak Anda pun dapat belajar teknik menuangkan cat marmer. Cocok untuk dimainkan anak berusia 7 hingga 10 tahun.

6. Happy Teepee: Planet Landing – A Small Worlds Process Art Kit

Bagi Anda, orang tua dari anak berusia 4 hingga 6 tahun, mari mengajaknya beraktivitas dengan art kit ini. A Small Worlds Process Art Kit ini didasarkan pada buku 'How to Catch a Star' karya Oliver Jeffer. Anak dapat menciptakan planetnya sendiri dengan melapisi adonan di atas piring terakota dan menghias pesawat roketnya. Kegiatan ini memberikan kenikmatan seolah sedang ‘keluar dari dunia'. Dalam satu set aktivitas ini terdapat piring terakota, tanah liat pemodelan, sedotan kertas, benang, manik-manik, payet, bintang bersinar dalam gelap, kerikil neon, kertas busa, dan lem.

7. KidzArt GS: Spaceship ARTBox

Ini dia kerajinan tangan yang menarik untuk anak usia 5 tahun ke atas. Dengan mengerjakan kotak seni ini, anak dapat belajar keterampilan melukis, berkreasi dengan menggambar interior roket, dan mendekorasi pesawat ruang angkasa. Si kecil pun dapat melatih keterampilan motoriknya melalui kegiatan melukis, merekatkan, dan menggambar menggunakan Spaceship ARTBox ini. Satu paket terdiri dari bahan-bahan untuk melukis, dan dekorasi, lembar Instruksi, serta lembar kerja.

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.