7 Ide Permainan Sensori untuk Dilakukan di Rumah

Ingin membawa anak mengikuti sensory class namun harus di rumah saja? Jangan khawatir, simak beberapa ide aktivitas sensori yang dapat Anda lakukan di rumah secara mandiri bersama dengan anak.

7 Ide Permainan Sensory untuk Dimainkan Anak di Rumah

Sensory play tentu menjadi istilah yang tak asing lagi setelah memiliki anak. Diambil dari 2 kata, yaitu sense dan play. Sense artinya panca indera dan play adalah bermain, yang kemudian memiliki arti, kegiatan bermain yang menstimulasi panca indera si kecil. Tentu ada alasannya mengapa sensory play kian populer.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari permainan sensori:

  • Melatih perkembangan panca indera dan koordinasi otak si kecil
  • Meningkatkan ikatan antara orang tua dengan anak
  • Melatih kemampuan motorik kasar, motorik halus, literasi, kognitif, kreativitas dan juga kecerdasan emosi
  • Tidak membutuhkan biaya yang besar dan dapat dilakukan mandiri di rumah
  • Mendorong anak untuk memecahkan masalah
  • Memberikan sarana bagi anak mengeluarkan emosi dan rasa tidak nyaman dalam diri
  • Panca indera dirangsang dalam atmosfer yang positif

Setelah mengintip manfaatnya, berikut ini adalah daftar permainan sensori yang dapat Anda coba di rumah bersama dengan si kecil. Beberapa memang lebih berantakan, namun jangan khawatir, messy play juga menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap tumbuh kembang anak.

Pasta Fun

Belilah berbagai jenis pasta dengan bentuk yang berbeda, lalu tuangkan dalam sastu wadah. Anda dapat meminta anak untuk mengelompokannya sesuai dengan bentuk pasta. Sebagai ide lain, Anda dapat mewarnai pasta dengan pewarna makanan, kemudian ajak anak untuk mengkategorisasikan berdasarkan warna. Pastikan semua alat permainan bersih agar aman untuk kesehatan si kecil. Anda pun bisa memasak pastanya terlebih dahulu, agar lebih aman jika anak memasukkannya ke dalam mulut dan termakan.

Playdough

Anda dapat mempergunakan playdough untuk menstimulasi imajinasi anak. Biarkan ia membentuk model-model yang ia sukai. Anda dapat membimbing dengan membangun cerita yang sesuai. Misalkan saat Anda sedang bercerita tentang samudra, minta ia membuat area laut dengan pilihan adonan biru dan ikan-ikan dari adonan berwarna lainnya. Supaya lebih aman, Anda bisa membuat adonan playdough dari bahan-bahan dapur, seperti tepung terigu, air, minyak sayur, dan pewarna makanan.

Slime atau Oobleck

Yang ini mungkin akan sedikit lebih berantakan, namun tekstur menarik dari slime akan menyenangkan untuk si kecil. Membuatnya pun sangat mudah, masukkan sabun cair ke dalam mangkuk, tuang 500 gram tepung maizena, lalu tambahkan segelas air matang sedikit demi sedikit, kemudian beri pewarna makanan. Aduk merata hingga tekstur kental seperti adonan kue. Selanjutnya, Anda juga bisa mengajak anak untuk membuat slime sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Minta anak untuk menakar sendiri bahan-bahan yang ada. Ini akan mengajarkan anak pada konsep mencipta dan merancang.

Let’s Paint!

Siapkan cat berwarna dalam berbagai wadah lalu minta si kecil untuk melukis dengan bebas. Anda juga dapat menyediakan peralatan lain seperti kuas, garpu atau potongan buah dan sayur agar si kecil dapat berkreasi dengan bentuk serta gambar. Supaya lebih aman, Anda dapat menggunakan pewarna makanan.

Rainbow Rice

Sensasi meremas beras warna warni dengan tangan kosong selain menarik secara tekstur tentu juga menarik secara visual. Membuatnya sangat mudah! Masukkan beras ke dalam wadah dan teteskan pewarna makanan ke dalamnya. Lalu, kocok wadah untuk mewarnai setiap butir beras. Setelahnya, tuangkan beras berwarna ke atas koran lalu jemur hingga kering. Voila! Anda juga bisa menggunakan beras berwarna tersebut untuk mengajarkan anak pada konsep bentuk dan huruf.

Water Beads

Cara termudah bermain water beads adalah menaruhnya dalam wadah dan membiarkan si kecil mengaduknya dan merasakan teksturnya. Anda dapat mencampur water beads dengan bahan lain seperti cetakan biskuit, balon, atau slime untuk membuat permainan menjadi lebih seru.

Sorting Game

Ada berbagai macam variasi yang dapat Anda buat untuk permainan ini. Salah satu contohnya, gunakan karton tisu bekas dan tandai dengan spidol warna. Kemudian, belilah pom-pom kecil warna-warni dan minta anak untuk memasukkan pom-pom sesuai dengan warna tabungnya. Kemudian, Anda juga dapat membuat pos kecil dari kardus dan minta si kecil mengelompokkan bola berwarna ke dalamnya.

0 Komentar