Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibu Bekerja yang Sibuk

Menjadi ibu merupakan sebuah ‘profesi’ yang sibuk. Terlebih lagi jika Anda juga masih harus bekerja di kantor. Inilah beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda.

Aplikasi untuk Ibu Bekerja

Bagi kebanyakan ibu, baik ibu rumah tangga maupun yang bekerja, waktu 24 jam dalam sehari seperti tak cukup. Rasanya butuh waktu lebih untuk menyelesaikan semua to-do-list Anda. Tak perlu khawatir, kecanggihan teknologi masa kini bisa memudahkan Anda dalam menyelesaikan urusan sehari-hari. Apalagi kini terdapat begitu banyak aplikasi yang dapat diandalkan. Inilah 5 aplikasi untuk mempermudah ibu yang sibuk dalam mengelola hidup dan mengatasi tantangan sehari-hari. 

Finansialku

Finansialku merupakan salah satu start-up lokal di bidang perencana keuangan atau aplikasi keuangan pribadi. Aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini mampu membantu Anda untuk mengatur keuangan rumah tangga, investasi, hingga asuransi. Dengan bantuan Finansialku, Anda dapat mengontrol keuangan dan mencapai tujuan keuangan Anda. Misalnya, mencatat pemasukan dan pengeluaran, membuat anggaran, serta merencanakan keuangan. Tampilan aplikasi ini cukup user-friendly, sehingga tidak sulit digunakan oleh para ibu. Pengguna dapat menggunakan seluruh fitur-fitur gratis didalam aplikasi tersebut. Namun ada pula fitur premium yang dikenakan biaya sebesar Rp35.000 per bulan. Beberapa fitur premium tersebut adalah Transaksi (pencatatan pemasukan dan pengeluaran), Anggaran, Investasi, Asset, Financial Health Check Up, Laporan Keuangan, dan Tanya Jawab untuk berkonsultasi dengan financial planner. Finansialku juga sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk metode pembayaran seperti bank, kartu kredit dan Go-pay.

Relax and Sleep

Salah satu tantangan bagi orangtua baru adalah kesulitan menidurkan anak. Relax and Sleep siap membantu Anda untuk mengatasi tantangan tersebut. Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia untuk membantu meditasi, mengatasi gangguan tidur, terapi, menidurkan bayi baru lahir, menenangkan ibu hamil, menangani stres, hingga membantu untuk lebih konsentrasi. Ada lebih dari 50 suara ambient yang dapat Anda pilih untuk menidurkan anak. Di antaranya, white noise, suara hujan, lautan, petir, air, burung, serangga, instrumen, suara mesin, dan alam. Anda bahkan dapat menggabungkan beberapa suara untuk membuat campuran suara spesial yang ampuh menenangkan dan menidurkan bayi. Selain itu, Anda dapat menciptakan alarm dengan suara unik yang hanya dimiliki Anda, untuk membangunkan Anda di pagi hari. 

PrimaKu

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terus berkomitmen dalam menyejahterakan kehidupan anak-anak Indonesia demi menghasilkan generasi unggul dan berkualitas. Salah satunya melalui aplikasi PrimaKu yang ditujukan agar seluruh orangtua dapat berperan aktif memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak secara berkala. Sehingga, gangguan terhadap tumbuh kembang dapat dideteksi lebih dini. Melalui Aplikasi PrimaKu, orang tua dapat memperoleh informasi yang diperlukan seputar kesehatan anak dengan praktis dan cepat dalam genggaman tangan. Beberapa fitur utama PrimaKu adalah jadwal imunisasi, Grafik Pertumbuhan dan Perkembangan, serta artikel-artikel kesehatan anak yang terpercaya.

Google Family Link

Aplikasi Family Link dari Google ini dapat membantu orangtua untuk memantau kegiatan anak-anaknya saat sedang online di dunia maya. Namun, pastikan Anda sudah memiliki akun Google untuk menggunakan aplikasi ini. Ketika Anda sudah mengunduh aplikasi ini, kemudian melakukan registrasi, Anda akan diminta memasukan tanggal lahir anak Anda. Setelah selesai, Family Link akan secara otomatis diunduh ke perangkat anak Anda. Selanjutnya, Anda bisa memilih aplikasi dan pengaturan yang diinginkan untuk anak.

Beberapa fiturnya adalah membatasi waktu pemakaian gadget, mengunci gadget ketika screen time selesai sesuai yang diatur oleh Anda, kontrol untuk menyetujui dan memblokir aplikasi apa saja yang boleh diunduh dari Google Play Store. Selain itu, Anda juga bisa melacak lokasi anak melalui gadget yang dibawa anak Anda.

Fitur Goals di Google Calendar

Jadwal yang padat dan dinamis kini bukan halangan lagi bagi para ibu untuk menyelesaikan semua to-do-list miliknya. Pasalnya, Google telah menambah fitur baru yang diberi nama ‘Goals’ pada aplikasi Google Calendar. Aplikasi ini membantu Anda untuk mencapai target dan tujuan yang Anda inginkan, misalnya bisa berolahraga teratur, membaca lebih banyak buku, menyelesaikan tugas tertentu, atau target lain yang berhubungan dengan kegiatan serta pendidikan anak. Dengan fitur ‘Goals’ ini, Google Calendar dapat bekerja secara optimal, yaitu membantu Anda untuk memaksimalkan waktu, tidak hanya sebagai alat untuk mencatat agenda atau jadwal.