Ayunan Bayi: Panduan Memilih dan Rekomendasi Merek Favorit Ibu

Ayunan bayi, atau sering juga disebut rocker atau bouncer memang banyak sekali jenisnya di pasaran. Bagaimana cara memilih yang aman dan tepat? Berikut rekomendasi para ibu.

ayunan bayi

Ayunan bayi merupakan sebuah produk yang dapat membantu membuat bayi merasa nyaman, mengantuk, bahkan terhibur. Dengan menggunakan ayunan pula, ibu dapat beristirahat sejenak dari menggendong bayi. Itulah salah satu alasannya mengapa produk rocker, bouncer atau ayunan bayi sangatlah populer dan digemari. Namun, jangan asal memilih karena ada aspek keamanan dan kesehatan yang harus Anda perhatikan saat hendak meletakkan bayi kecil Anda di dalam ayunan. Di artikel ini kami telah merangkum panduan memilih ayunan bayi yang aman dan tepat, serta daftar rekomendasi merek ayunan favorit para ibu.

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Ayunan Bayi

1. Perhatikan aspek keamanan

Pilih ayunan bayi, bouncer atau rocker yang aman, memiliki kerangka bahan yang kokoh dan tidak mudah patah, serta seimbang dan tidak gampang jatuh. Pastikan juga Anda memilih ayunan bayi yang terbuat dari material berkualitas tinggi. Ada pula beberapa bouncer yang memiliki fitur suara dan mainan. Pastikan tidak ada mainan kecil yang mudah tertelan atau suara yang terlalu keras yang dapat mengganggu pendengarannya yang sensitif.

2. Pilih ukuran sesuai usia bayi

Beberapa ayunan bayi hanya dapat digunakan bayi hingga ia berusia 6 bulan, ada pula yang mampu menahan berat anak balita. Jangan menaruh bayi di ayunan yang tidak dapat menyangga beratnya dengan baik.

3. Cari yang mudah dibersihkan

Karena bayi akan menghabiskan cukup banyak waktu di ayunan, tentu ada kemungkinan ayunan bayi tersebut terkena gumoh, muntah, ompol, atau bekas makanan. Jadi, pilih material dan model yang mudah untuk dibersihkan.

4. Model yang fleksibel

Ayunan bayi yang fleksibel atau dapat digunakan dengan beberapa cara dapat membantu memudahkan hidup Anda. Saat memilih bouncer, coba lihat, apakah posisi duduknya bisa bervariasi, dan apakah model goyangannya juga memiliki beberapa setelan. Jika Anda berniat memindah-mindahkannya, cari juga ayunan yang ringan dan mudah dibawa-bawa dari satu ruangan ke ruangan lain.

5. Manual atau elektrik?

Ini tergantung pada kebutuhan Anda. Jika memutuskan untuk memilih yang manual, maka Anda harus bersiap menggoyangkan ayunan bayi dengan tangan. Namun, jika ayunan elektrik adalah pilihan Anda, pastikan posisi bayi tetap aman dan jauh dari panel listrik.

6. Pilih sesuai budget

Saat menyambut kelahiran si kecil, tak bisa dipungkiri bahwa calon orang tua harus mempersiapkan anggaran dana yang mungkin tidak sedikit. Untuk itu, saat memilih produk-produk pelengkap seperti ayunan bayi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan budget. Banyaknya pilihan di pasaran juga terdiri dari beberapa price-point, dari yang terjangkau hingga premium. Jangan lupa pula untuk mempersiapkan checklist keperluan bayi yang lengkap agar tidak ada barang yang lupa atau mubazir untuk dibeli.

7. Himbauan dari pakar

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menuliskan di laman situsnya, bahwa orang tua harus memperhatikan waktu penggunaan alat bantu lain, seperti kursi, bouncer, ayunan, dan gendongan. Bayi perlu mendapat cukup banyak waktu untuk bermain, bergerak, dan menjelajah secara mandiri untuk perkembangan motorik kasar yang baik. Selain itu The American Academy of Pediatrician (AAP) juga menganjurkan agar bayi tidak dibiarkan tertidur dalam jangka waktu lama di atas ayunan bayi atau bouncer untuk menghindari sindrom kematian bayi secara mendadak. Jika Anda kesulitan menidurkan bayi, alternatif selain menaruhnya di bouncer adalah dengan memanfaatkan aplikasi smartphone yang dapat membantu membuat bayi tidur.


Rekomendasi Ayunan Bayi, Bouncer, dan Rocker Favorit Para Ibu

Kami bertanya pada para moms yang tergabung dalam Parentstory Community tentang merek dan jenis ayunan bayi favorit mereka. Berikut rekomendasi dari para ibu:

1. Sugar Baby 10 in 1 Premium Rocker

Fitur unggulan: Mampu menahan bobot hingga 20 kg, tempat duduk yang luas, 3 posisi recline yang dapat diubah, termasuk bantal anti peang dan mainan edukatif, dapat digunakan sebagai infant seat, fitur vibrasi untuk menenangkan bayi, 8 melodi musik yang lembut, bahan kain yang dapat dicuci.

Beli Sugar Baby 10-in-1 Premium Rocker di sini.

2. Cocolatte Weeler Snuggli

Fitur unggulan: Terdapat remote control dan 3 setelan timer, bisa digunakan sebagai toddler seat, memiliki canopy dan kelambu untuk melindungi anak dari nyamuk atau cahaya terik, dapat menahan bobot hingga 40 kg, fitur 15 melodi musik yang dapat tersambung dengan koneksi Bluetooth, sabuk pengaman dengan 5-point safety harness.

Beli Cocolatte Weeler Snuggli di sini.

3. Joie Meet Sansa

Fitur unggulan: Multi-motion soother bergoyang dari satu sisi ke sisi lain, meluncur dari depan ke belakang, atau menggabungkan keduanya, kursi dapat dilepas dari bingkainya sehingga mudah dibawa, lengkungan nyaman dengan bentuk seperti kepompong, 3 posisi recline, kalin pelapis kursi yang mudah dilepas dan dicuci, fitur suara alam dan musik yang lembut, getaran yang menenangkan, toy bar untuk menggantung mainan yang menstimulasi bayi, sabuk pengaman dengan 5-point safety harness.

Beli Joie Meet Sansa di sini.

4. Nuna Leaf Grow

Fitur unggulan: Model yang minimalis dan simpel, dapat digunakan dari bayi newborn hingga berat maksimal 60 kg, seat pad dengan 3 titik harness yang dapat dilepas dan bertransisi jadi kursi balita, tidak memakai baterai, kabel, dan tanpa suara, 3 posisi recline, 100% bahan katun organik yang lembut, ringan, sejuk dan mudah dibersihkan.

Beli Nuna Leaf Grow di sini.

5. Bright Starts 2-in-1 Rock and Swing

Fitur unggulan: Desain ayunan yang dapat diubah menjadi rocker, teknologi TrueSpeed yang memastikan goyangan atau ayunan tetap konsisten meski bayi telah bertambah besar, mainan di atas kepala bayi untuk stimulasi, suara alam dan musik dengan pengaturan volume yang dapat mati secara otomatis setelah 20 menit, 3 setelan timer ayunan, teknologi WhisperQuiet yang memastikan bayi tidak akan terganggu oleh suara mesin.

Beli Bright Starts 2-in-1 Rock and Swing di sini.

6. BabyElle Automatic Baby Swing

Fitur unggulan: Dapat digunakan sejak newborn hingga berat 16 kg, 2 pengaturan posisi, 6 kecepatan ayun, 10 jenis melodi musik, fitur anti slip agar tidak mudah jatuh, bantalan kepala yang lembut, mainan dengan bahan bebas-BPA, slot SD card untuk memutar musik MP3.

Beli BabyElle Automatic Baby Swing di sini.

7. Violi Auto Swing Motion Baby Bouncer

Fitur unggulan: Pengaturan 3 level ketinggian kursi, memiliki remote control, setelan timer, fungsi musik, mudah dilipat dan dipasang, bentuk yang modern dan minimalis.

Beli Violi Auto Swing di sini.

8. 4Moms Mamaroo

Fitur unggulan: Gerakan mengayun ke atas dan bawah yang menenangkan, menyerupai gendongan orang tua, lima gerakan unik dan pengaturan kecepatan yang berbeda, koneksi ke smartphone / tablet untuk memutar musik, mengatur goyangan, kecepatan dan volume, tempat duduk yang empuk dan nyaman.

Beli 4moms Mamaroo di sini.