Belajar dari Rumah? Ini Alternatif Belajar Gratis dan Seru untuk Anak!

Untuk membatasi penyebaran virus corona, beberapa pemerintah daerah meliburkan sementara seluruh sekolah, dan kegiatan belajar pun harus dilakukan di rumah.

14 hari belajar dari rumah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kota Depok, dan Kota Bekasi mengeluarkan keputusan diliburkan selama dua pekan di wilayah daerah tersebut yang dimulai pada Senin (16/3/2020). Sekolah yang diliburkan mulai dari tingkat TK hingga SMA. Selain di Jabodetabek, sejumlah daerah seperti Jawa Tengah, Bandung, dan Karawang juga telah meliburkan sekolah sebagai upaya mengantisipasi virus corona. Karena sekolah diliburkan, kegiatan belajar mengajar pun dilakukan melalui metode jarak jauh atau di rumah. Anak-anak diminta belajar mandiri di sekolah dengan pendampingan orang tua. Ada sekolah yang mengirim materi pelajaran untuk anak didiknya melalui email atau aplikasi messenger, dan ada pula yang meminta anak menggunakan aplikasi belajar online hingga aplikasi belajar kelompok.

Untuk mendukung aktivitas belajar anak di rumah, bahkan beberapa startup pendidikan dan perusahaan teknologi memberikan layanan gratis. Sehingga, Anda dan si kecil dapat menggunakannya dengan mudah. Kegiatan belajar di rumah menjadi lebih menyenangkan dan terarah. Apa saja aplikasi dan situs tersebut? Simak di bawah ini.

Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id)

Ini merupakan aplikasi pembelajaran jarak jauh milik Kemendikbud RI dan dapat diakses melalui belajar.kemdikbud.go.id. Selain menyediakan materi untuk belajar anak dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK, Rumah Belajar juga menyediakan fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antara guru dan murid. Beberapa fitur belajar yang tersedia di sini antara lain Kelas Digital, Sumber Belajar, Bank Soal, Laboratorium Maya, Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, dan Peta Budaya. Selain di situsnya, Rumah Belajar dapat juga diakses menggunakan smartphone.

Selingkar (selingkar.com)

Selingkar atau Sekolah Literasi Sayang Keluarga, merupakan sebuah lembaga di Yogyakarta yang bergerak di bidang literasi, khususnya literasi anak, yang dapat diakses di selingkar.com. Berawal dari kelas-kelas kecil menulis kreatif, yang diikuti 10-15 anak, lalu berkembang menjadi kelas besar yang diikuti 30-50 anak, baik luring (offline), maupun daring (online). Fokus utama Selingkar memang untuk mengembangkan kemampuan literasi anak. Karenanya, untuk mencapai tujuan ini, Selingkar membuat beberapa program. Di antaranya, menyusun materi belajar bulanan untuk anak-anak keluarga Selingkar, mengadakan proyek-proyek belajar daring dan luring, Kuliah Tanggal Satu untuk orang tua, dan Akademi Seni Selingkar. Materi yang diberikan Selingkar bisa digunakan anak usia pra-sekolah hingga sekolah, dengan visual yang pasti akan menarik perhatian anak-anak. Serunya lagi, di bulan Maret ini, Selingkar memberikan proyek dan materi belajar yang berhubungan dengan virus corona serta kekebalan tubuh manusia. Anak-anak pun dapat memahami corona dengan cara yang menyenangkan.

Ruangguru

Ini dia aplikasi belajar online yang sudah populer. Sebelumnya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Namun, untuk mendukung keputusan pemerintah yang meliburkan anak sekolah, semua konten Ruangguru digratiskan. Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, anak-anak bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00-12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru. Anda dapat mengakses Sekolah Online Ruangguru secara gratis melalui tautan ini.

Di Ruangguru, Anda dapat pula menggunakan fitur ‘Set Reminder’ yang dapat mengingatkan anak secara otomatis bila sebuah kelas akan dimulai di jam yang telah ditentukan. Jika si kecil belum bisa mengikuti kelas dari awal, pembelajaran di Sekolah Online Ruangguru Gratis dapat diakses kembali setelah keseluruhan sesi pembelajaran tersebut selesai. Kabar baiknya lagi, Telkomsel membantu para siswa yang belum memiliki akses wifi di rumahnya dengan menyediakan kuota sebesar 30GB gratis untuk menggunakan Ruangguru. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi MyTelkomsel, lalu meng-klik banner ‘Terus Belajar dan pilih banner ‘Bebas Akses Ruangguru 30GB’. Kemudian, lihat rincian paket Rp0 dan klik ‘Beli. Selanjutnya, konfirmasi pembelian dan paket pun akan aktif.

Zenius Education (zenius.net/belajar-mandiri)

Belajar mandiri di rumah menjadi semakin lebih mudah karena Zenius merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur. Salah satunya, dengan membantu anak-anak mempersiapkan UN (Ujian Nasional) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Zenius juga siap membantu kelancaran proses pembelajaran dengan memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA. Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran di Zenius hadir dengan format whiteboard. Format ini diklaim sebagai format yang paling hemat kuota internet. Anak dapat pula mengikuti Tryout mandiri di rumah. Tryout online gratis diselenggarakan serentak pada situs dan aplikasi Zenius, yang akan kembali diadakan pada tanggal 26 Maret 2020 untuk gelombang kedua.

Sekolahmu (sekolah.mu/tanpabatas)

Berbagai program dan materi yang disediakan Sekolahmu ini dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi yang sukses. Materi pelajaran yang disediakan juga sudah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro. Di sini, Anda dan si kecil akan dapat mengakses kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang, dari pra-sekolah sampai SMA secara gratis. Sekolahmu juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel.

Indonesia Montessori (indonesiamontessori.com)

Bagi para orang tua dari anak balita, bisa dibilang ini ‘tempat’ yang tepat untuk beraktivitas bersama anak selama sekolah diliburkan sementara. Apalagi IMC tidak tinggal diam begitu mengetahui bahwa kegiatan belajar dipindah ke rumah. Elvina Lim Kusumo, founder IMC, langsung memberikan kumpulan 500++ lembar IMC Printable secara gratis. Siapa saja boleh mengunduh dan menggunakannya tanpa dipungut biaya. Situs IMC juga ponsel friendly, sehingga Anda dapat mengaksesnya melalui smartphone Anda.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak lagi aplikasi dan situs untuk mendukung kegiatan belajar mandiri di rumah selama sekolah diliburkan. Namun, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan peraturan yang diterapkan sekolah anak Anda. Pertimbangkan pula minat dan bakat anak agar kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan. Selamat belajar bersama si kecil, Parents!