Belajar Mengatur Keuangan dari Drakor

Drama Korea atau drakor tak hanya menghibur, namun ada pelajaran berharga yang bisa diambil darinya. Salah satunya, tentang isu keuangan.

Belajar Finansial dari Drakor Drama Korea

Drakor telah memenangkan hati banyak orang, terutama karena selalu menawarkan kisah unik yang selalu berbeda. Akting dari para bintang K-drama serta keindahan panorama Korea Selatan juga selalu berhasil menggoda penggemar film dan serial untuk menontonnya. Nah, mungkin sebelumnya, Anda menonton drakor untuk mendapatkan hiburan, mengikuti alur ceritanya yang menarik, atau demi melihat penampilan aktor serta aktris yang Anda kagumi. Tapi, tanpa Anda sadari, K-drama bisa memberikan sesuatu lebih bermakna dari yang Anda kira. Contohnya, Anda dapat menghubungkan kisah mereka dengan kehidupan pribadi Anda, seperti isu finansial. Berikut ini beberapa pelajaran seputar topik keuangan dan finansial yang dapat Anda temui dari drakor.

1. Berinvestasi dalam Saham

Di tengah masa pandemi, ini mungkin adalah langkah finansial yang baik untuk memastikan bahwa tabungan Anda terus bertambah. Menabung untuk masa depan itu penting karena membantu Anda mencapai tujuan terbesar Anda, seperti yang dilakukan Park Sae-royi (Park Seo-joon) dari Itaewon Class (2020). Ia menggunakan uang yang ia simpan untuk investasi, dan hasil investasinya kemudian ia gunakan untuk mewujudkan mimpinya. Anda dapat meniru langkah Park Sae-royi ini, misalnya dalam menyiapkan biaya pendidikan anak, dengan memilih investasi pendidikan yang tepat. Simak trik memilih investasi pendidikan dari financial planner Tejasari Asad di sini.

2. Ubahlah Hobi Anda Menjadi Bisnis

Jika Anda berencana ingin membuka usaha kecil untuk memiliki sumber pendapatan lain, mulailah dengan sesuatu yang Anda sukai, seperti hobi. Ubahlah hobi Anda menjadi sesuatu yang akan membuat Anda menghasilkan uang. Ini akan menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah Anda buat. ‘Ramuan’ inilah yang membuat Yoon Se-ri (Son Ye-jin) dari Crash Landing on You (2019) sukses dalam bisnisnya yang diberi nama Seri's Choice. Bagi mereka yang telah menonton serial ini, kecintaannya pada kecantikan dan perawatan kulit sangat jelas di sepanjang serial. Ia memimpin perusahaan fashion dan kosmetiknya dengan sepenuh hati. Ia menguji produknya sendiri, sehingga ia mengetahui bahwa produk tersebut dapat memiliki kualitas yang sangat baik setiap saat. Ketika Anda mencintai dan menekuni bidang tertentu yang berawal dari hobi, Anda dapat mengurus dan mengembangkannya dengan lebih optimal.

3. Bila Perlu, Cari Bantuan untuk Mengelola Keuangan Anda

Tahan keinginan untuk membelanjakan lebih banyak untuk keinginan daripada kebutuhan. Jika Anda merasa sulit untuk memiliki pengendalian diri, cari bantuan dari pasangan, teman atau seseorang, seperti Goo Chan-seong (Yeo Jin-goo) di serial Hotel Del Luna (2019), yang memantau kebiasaan belanja berlebihan, seperti yang dijalani Jang Man-wol (Lee Ji-eun), untuk mencegahnya dari kerugian finansial. Bila pasangan atau orang-orang terdekat tetap tak bisa membantu Anda, carilah bantuan profesional. Gunakan jasa financial planner untuk membantu Anda mengelola keuangan.

4. Miliki Dana Darurat

Telah memiliki dana darurat adalah sesuatu yang akan Anda syukuri, terutama di masa ketidakpastian selama pandemi ini. Di waktu-waktu seperti ini, lebih baik untuk berpikir ke depan. Karena, kecelakaan dan peristiwa yang tidak menyenangkan mungkin akan datang di saat yang tidak terduga. Dalam serial Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016), kapten dari tim angkat besi bernama Bang Woon-ki, yang diperankan oleh Oh Eui-shik, tidak memiliki uang yang dialokasikan untuk keperluan darurat sebagai solusi dari masalahnya. Jadi, Pelatih Yoon Deok-man (Choi Moo-sung) tidak punya pilihan selain menggunakan dana operasional sekolah mereka untuk membayar jaminannya. Dana darurat adalah akun yang diperuntukkan bagi pengeluaran untuk situasi darurat yang tidak dapat diprediksi kapan diperlukannya. Dana ini dimaksudkan untuk digunakan hanya pada skenario terburuk. Menurut pakar finansial Aliyah Natasya, dana darurat digunakan pada kondisi yang darurat, penuh ketidakpastian, dan di dalam kondisi dana Anda sudah tidak tersedia. Memang benar, butuh waktu untuk membangun dana darurat, apalagi bila saat ini belum memilikinya sama sekali.

5. Selalu Pikirkan Rencana Jangka Panjang

Rencana 15 tahun yang dimiliki oleh Park Sae-royi mungkin terdengar lucu bagi orang-orang terdekatnya, Oh Soo-ah (Kwon Nara) dan Jang Geun-won (Ahn Bo-hyun) dari serial Itaewon Class. Tapi nyatanya, Park Sae-royi benar-benar mewujudkannya. Ia merancang rencana 15 tahun pembalasan ‘dendam’ terhadap Jang Dae Hee (Yoo Jae-myung) dan keluarganya. Rencana untuk mengalahkan Jang Dae Hee dan meraih kesuksesan lebih besar darinya. Hal inilah yang membuatnya tidak mudah menyerah untuk mencapai tujuannya, yaitu menjadi nomor satu. Dalam hal menetapkan tujuan keuangan, selalu pikirkan jangka panjang. Tentu, Anda membutuhkan rencana jangka pendek karena ini akan menjadi langkah kecil Anda menuju tujuan. Namun, Anda juga perlu merancang rencana jangka panjang yang tak hanya membantu Anda untuk memikirkan ‘arah’ tujuan keuangan Anda, tapi juga memberikan motivasi serta wawasan tentang usaha apa saja yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.