Cerita Dongeng Seri Nusantara

Mari menjelajahi ujung barat hingga ujung timur Indonesia dengan memutar kumpulan Dongeng Nusantara yang dibacakan oleh Ankatama berikut!

Cerita Dongeng Seri Nusantara

Anak-anak menyukai cerita, dan setiap anak menikmatinya karena berbagai alasan. Baik itu dapat membawanya bepergian memasuki dunia imajinasi, mengikuti sebuah petualangan, hingga mempelajari hal baru. Para peneliti mengatakan, bahwa saat Anda dan si kecil mengikuti sebuah cerita, sebenarnya perkembangan otak anak mengalami peningkatan. Menurut G. Reid Lyon, Ph.D., pimpinan divisi pengembangan anak dan perilaku di National Institute of Child Health and Human Development in Bethesda, MD, penelitian saraf menunjukkan, ketika orang tua berinteraksi secara verbal dengan anak-anak — termasuk membacakan dongeng untuk mereka — anak-anak belajar jauh lebih banyak daripada yang pernah diduga.

Perkembangan pada otak anak ini berkisar dari peningkatan keterampilan logika hingga tingkat stres yang lebih rendah. Tetapi, manfaat paling besar yang ditemukan dalam beberapa tahun terakhir adalah, dongeng sebelum tidur dapat mengubah otak anak-anak untuk mempercepat penguasaan bahasa mereka. Kabar baiknya, Parentstory mendukung aktivitas membacakan cerita pada anak ini dengan menghadirkan ‘Cerita Dongeng Nusantara’. Berbagai dongeng tersebut akan ditayangkan di The Parentstory Podcast Spotify, IGTV Parentstory, dan YouTube Parentstory. Asyiknya! Kini Anda serta anak Anda dapat masuk ke dalam cerita bersama-sama dan mengikuti petualangan di dalamnya. Apa saja dongeng yang menjadi bagian dari seri Dongeng Nusantara ini? Ini dia pilihannya!

Dongeng dari Sumatra Barat - Hikayat Malin Kundang

Video Poster video-play-button
Dongeng dari Sumatra Barat - Hikayat Malin Kundang

Kisah ini memiliki pesan moral yang bagus sekali untuk anak-anak. Ceritanya berawal dari kehidupan sederhana seorang ibu bernama Mande Rubayah dan anak semata wayangnya, Malin Kundang, di tepi Pantai Air Manis, Sumatra Barat. Ketika Malin beranjak dewasa, ia ingin merantau untuk menghidupi dirinya dan ibunya. Dengan berat hati Mande pun memberi restu pada putra tercintanya untuk menaiki kapal dagang dan menjadi anak buah kapal para pelaut. Setelah bertahun-tahun, Malin pun kembali ke kampung halamannya. Tetapi, terjadi hal yang tak terduga, hingga membuat Mande sedih.

Dongeng dari Jawa Barat - Legenda Sangkuriang dan Asal Gunung Tangkuban Perahu

Video Poster video-play-button
Dongeng dari Jawa Barat - Legenda Sangkuriang dan Asal Gunung Tangkuban Perahu

Dulu sekali, hiduplah seorang Putri Raja, bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi memiliki hobi menenun kain. Suatu hari, saat sedang menenun, segulung benangnya jatuh menggelinding ke luar rumah. Sang Putri pun berkata, “Jauh sekali benang itu terjatuh. Siapa pun yang mau berbaik hati untuk mengambilnya, kalau ia perempuan akan kuangkat jadi saudara, kalau laki-laki akan menjadi suamiku.” Wah, kira-kira siapa, ya, yang akan mengambilkan benang Dayang Sumbi itu?

Dongeng dari Sumatra Utara - Asal Mula Danau Toba

Video Poster video-play-button
Dongeng dari Sumatra Utara - Asal Mula Danau Toba

Di sebuah desa di Tapanuli Utara, hiduplah seorang petani yang rajin bernama Toba. Hari-harinya diisi dengan menanam sayuran di ladang. Saat hari mulai gelap, Toba akan pulang ke gubuk kecilnya, sendirian. Ia berharap memiliki sebuah keluarga agar tak sendirian lagi. Sampai suatu hari, mimpinya itu terwujud dengan satu syarat yang harus ditepati Toba. Sayangnya, Toba tidak dapat menepati syarat tersebut. Dari kisah ini, anak-anak dapat belajar bahwa akan ada hal buruk yang terjadi jika tidak menepati janji.

Dongeng dari Sulawesi Tengah - Legenda Putri Duyung

Video Poster video-play-button
Dongeng dari Sulawesi Tengah - Legenda Putri Duyung

Berabad-abad yang lalu, ada sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan tiga orang anak. Suatu hari, sang ayah berhasil membawa pulang ikan hasil memancing cukup banyak yang dapat menjadi menu makan mereka. Sang ayah berpesan pada ibu untuk menyimpan satu ikan sebagai makanannya sepulang dari ladang nanti. Tetapi, si bungsu memaksa ibunya untuk memberikan satu ikan itu di waktu makan siang. Ayah pun marah ketika pulang dari ladang dan mengetahui bahwa ikan miliknya telah dimakan. Ibu merasa bersalah dan pergi ke laut untuk mencari ikan lagi. Tetapi, sang ibu tak kunjung pulang. Apa yang terjadi?