Antisipasi Virus Corona, Vaksinasi di Rumah Saja!

Di tengah pandemi ini, jasa vaksinasi ke rumah bisa menjadi pilihan para orang tua untuk memastikan anak mendapat vaksinasi sesuai jadwalnya.

Vaksinasi #dirumahaja

Di Indonesia, Jakarta adalah episentrum penularan Covid-19 karena peningkatan pasien yang sangat signifikan. Maka jangan heran jika pada Sabtu (21/3) lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Seruan Gubernur kepada seluruh pelaku dunia usaha dan perkantoran yang ada di Jakarta untuk karyawannya bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH). Ini adalah upaya untuk mencegah penyebaran virus corona yang mengakibatkan penyakit Covid-19. Tak hanya Anies, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), juga sudah meminta seluruh masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah demi memutus mata rantai penularan.

Bahkan, seruan untuk tidak ke rumah sakit kecuali kondisi darurat pun di anjurkan para tenaga medis, mengingat saat pandemi seperti sekarang, rumah sakit adalah “medan perang” yang sebaiknya dihindari. Tapi anjuran itu juga mendatangkan dilema bagi para orang tua, terutama mereka yang masih memiliki anak di bawah 1 tahun yang harus mengikuti jadwal vaksinasi. Para ibu yang tergabung pada grup Whatsapp Parentstory beberapa kali menyampaikan kebingungan mereka tentang bolehkah menunda vaksinasi di saat pandemi?

Anjuran IDAI mengenai vaksinasi anak saat pandemi

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR.Dr. Aman B. Pulungan,SpA(K), FAAP, FCPI (Hon), menganjurkan imunisasi lengkap sesuai usia dengan jadwal yang tetap mengikuti rekomendasi yang berlaku. Dalam rilis yang diterima Parentstory, IDAI juga menyebutkan penundaan vaksinasi hingga 2 minggu masih dapat ditoleransi. “Sebaiknya tetap berhubungan atau berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan,” tulis IDAI dalam rilisnya. Adapun vaksinasi yang sebaiknya dilakukan sesuai jadwal disebutkan IDAI adalah hepatitis B0, BCG, Polio 0, dan DPT+Hib+Hepatitis B1 agar anak terlindungi. Mengingat beberapa vaksin dianjurkan untuk tetap dilakukan sesuai dengan waktunya, adakah solusi lain memastikan anak divaksinasi tanpa harus ke rumah sakit? Ada. Layanan on-site vaccination  atau vaksinasi langsung ke rumah bisa menjadi solusi bagi para orang tua agar anak tetap divaksinasi sesuai jadwal. Berikut beberapa fasilitas kesehatan yang memberikan layanan vaksinasi ke rumah yang Parentstory temukan di Jakarta dan sekitarnya.

inHarmony Clinic

Klinik vaksinasi yang didirikan oleh dr. Kristoforus Hendra Djaya, SpPD., menyediakan layanan vaksinasi ke rumah baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ia bahkan bercerita sudah sejak Senin (23/3) kemarin, kliniknya berubah menjadi full home service sebagai upaya menurunkan risiko penularan di fasilitas kesehatan. “Sebelumnya, kami telah melakukan metode disinfeksi dan social distancing di klinik. Tapi karena peningkatan permintaan serta banyaknya orang yang datang ke klinik, maka kami memutuskan untuk full home service. Walau kalau ada pasien yang datang secara mendadak, tetap kami layani jika vaksinnya ada,” ucap dr. Kristoforus yang juga vaksinolog ini.

Untuk mendaftarkan on-site vaccination, tinggal menghubungi melalui telepon 021-4220214 atau langsung chat dengan petugas secara daring dengan mengakses website inHarmony Clinic. Saat mendaftar untuk vaksinasi ke rumah, petugas akan mengajukan beberapa pertanyaan sebagai screening pra-vaksinasi. “Diedukasi dulu, lalu dijadwalkan kapan pasien bisa, dan kapan kami bisa. Sesudah itu, akan kami kunjungi,” jelas dr. Kristoforus seraya menyebutkan yang akan melaksanakan vaksinasi adalah 1 dokter didampingi 1 perawat serta memastikan vaksin yang diberikan aman. “Mereka semua sudah terlatih khusus lewat prosedur Pelatihan Calon Vaksinolog yang kurikulumnya kami buat secara ekstensif.” Adapun untuk harganya, dr. Kristoforus menyebutkan untuk harga vaksin tidak ada perbedaan dengan jika melakukan vaksinasi di klinik. Hanya saja ada biaya tambahan untuk biaya kunjungannya.

Prostasia Wellness Center & Pharmacy

Semenjak diberlakukannya WFH (Work from Home) dan social distancing, layanan kesehatan on-site, seperti vaksinasi di rumah pasien mengalami peningkatan. “Dalam kurun waktu 10 hari terakhir, Prostasia mengalami peningkatan jadwal on-site vaccination hingga 5-6 kali lipat,” ucap dr. Gerry Adrian W, Founder Prostasia Wellness Center & Pharmacy kepada Parentstory melalui sambungan telepon. Meski permintaan untuk vaksinasi on-site meningkat tajam, namun dr. Gerry menekankan setiap penjadwalan hingga eksekusi dilakukan dengan matang sehingga tidak menurunkan kualitas pelayananan.

Adapun prosedur untuk vaksinasi on-site dapat dilakukan melalui Whatsapp di nomor 0812-8632-5676 atau telepon ke nomor 021-54217193. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara daring melalui tautan ini. Dr. Gerry menjelaskan, layanan vaksinasi ke rumah ini akan dilakukan oleh 1 dokter yang sudah tersertifikasi sebagai vaksinolog dengan perlengkapan vaksinasi terstandarisasi, “Jadi, pasien tidak perlu repot menyiapkan apapun.” Menyikapi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, dr. Gerry memastikan setiap vaksinolog telah diperiksa kesehatannya serta membawa dan mengenakan alat pelindung diri yang sesuai.

Prosehat

Kini, menjadwalkan vaksinasi anak pun bisa dilakukan melalui aplikasi. Adalah ProSehat, yang menyediakan vaksinasi ke rumah cukup dengan mengunduh aplikasinya dari Google PlayStore. Atau, Anda juga bisa langsung menghubungi melalui Whatsapp dengan nomor 0811-1816-800. Adapun area pelayanan vaksinasi ke rumah bisa dilakukan untuk daerah Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor. Yang menarik dari Prosehat adalah tampilannya yang seperti marketplace atau belanja secara daring. Jadi, Anda tinggal memilih jenis vaksinasi apa yang diinginkan dan masukkan ke keranjang belanjaan. Lalu setelah itu, Anda diminta untuk melaporkan kondisi kesehatan pada petugas customer service, untuk memastikan tidak menimbulkan kontraindikasi kesehatan.