Banner Promo Image
Menangkan iPhone 11 dengan bergabung di Parentstory!
Daftar Sekarang

Ayah, Pahami 5 Hal Utama Soal Trimester Pertama Kehamilan

Meskipun yang menjalani kehamilan adalah sang istri, para calon ayah juga perlu tahu mengenai hal-hal berikut agar dapat mendampingi kehamilan istri dengan baik.

Ayah, Pahami 5 Hal Utama Soal Trimester Pertama Kehamilan

Para calon ayah, Anda mungkin sangat bersemangat dengan kehamilan istri Anda dan tidak sabar untuk bertemu dengan sang buah hati. Namun ketahuilah, 9 bulan waktu kehamilan adalah waktu yang tidak mudah bagi istri Anda. Tak hanya bentuk dan berat badan, akan ada banyak perubahan hormonal dan emosional yang dialami. Mengetahui perubahan apa saja yang akan terjadi sebelumnya, akan membantu Anda mendampingi istri dengan lebih baik lagi. Meskipun Anda tidak menjalani kehamilan, sebagai ayah, Anda juga memiliki peranan yang penting. Berikut yang harus Anda ketahui mengenai trimester pertama kehamilan, agar Anda bisa menjaga masa kehamilan tetap sehat dan menyenangkan.

Pertumbuhan Bayi di Trimester Pertama

Kehamilan istri Anda mungkin belum terlihat, tapi bayi Anda bertumbuh pesat di fase ini. Bayi Anda yang sedang berkembang disebut embrio dari saat pembuahan hingga minggu kedelapan kehamilan. Setelah minggu kedelapan dan sampai saat kelahiran, bayi Anda yang sedang berkembang disebut janin. Di akhir trimester pertama, bayi pun sudah mulai terbentuk sempurna. Lengan, tangan, jari, kaki, dan jari kaki bayi Anda telah terbentuk sepenuhnya. Organ reproduksi bayi juga berkembang, meskipun jenis kelaminnya belum bisa terdeteksi oleh USG. Anda sudah mulai bisa mendengar detak jantungnya melalui alat khusus bernama doppler.

Perubahan yang Dirasakan Ibu

Kehamilan akan dialami berbeda-beda oleh setiap ibu, bahkan seorang ibu bisa mengalami kehamilan yang berbeda pada anak pertama dan keduanya. Namun pada umumnya, di awal kehamilan, calon ibu akan mengalami hal berikut:

  • Nyeri di bagian payudara
  • Kelelahan
  • Merasa kembung
  • Sering buang air kecil
  • Mood swing
  • Tidak nafsu makan.

Morning Sickness

Jangan tertipu dengan namanya. Rasa mual dan ingin muntah ini ternyata tidak hanya terjadi di pagi hari, namun sepanjang hari. Ini tentunya akan membuat pasangan Anda kelelahan. Anda dapat membantu dengan mengingatkannya untuk istirahat dan menghindari makanan-makanan yang memicu rasa mualnya.

Nyeri Sekujur Tubuh

Karena tubuh pasangan Anda meregang, bergeser, dan bergerak ke segala arah, pasti ada rasa sakit dan nyeri. Ia membawa beban tambahan yang harus didukung tubuhnya. Berat ekstra ini akan menyebabkan stres pada punggung bagian bawah. Pijatan punggung akan sangat membantu ibu di penghujung hari. Pijat pada umumnya adalah suatu keharusan bagi wanita hamil. Apakah itu pijat kaki, punggung, atau pinggul, adalah tugas Anda untuk membantunya, meringankan ketegangan sebanyak mungkin.

Seluruh Indra Jadi Lebih Sensitif

Pasangan Anda bisa memiliki indra yang sangat tinggi selama kehamilannya, terutama indra penciumannya. Yang sebelumnya tidak apa-apa, bisa jadi ia sensitif terhadap bau-bau tertentu di masa hamil. Ia akan sangat menghargai jika Anda bisa menghindarkan bau-bau tertentu yang membuatnya tambah mual.

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.