Keajaiban ‘White Noise’

Ketahui lebih lanjut bagaimana suara ini dapat menidurkan bayi Anda.

white noise

Menurut penjelasan National Sleep Foundation (organisasi nirlaba di Amerika Serikat yang misinya untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas tidur) pada situs sleepfoundation.org, suara white noise bekerja dengan mengurangi perbedaan antara suara latar belakang dari area sekitar dan suara dengan volume tinggi, seperti suara pintu yang dibanting. White noise dapat memberi Anda kemungkinan merasakan proses tidur yang lebih baik, tanpa terusik dengan suara bernada tinggi yang mengganggu.

White noise mengacu pada suara yang menutupi suara lain yang mungkin terjadi secara alami di lingkungan. Jika Anda tinggal di kota, misalnya, white noise dapat membantu menghalangi suara mengganggu yang berhubungan dengan lalu lintas, seperti suara klakson mobil, sirene ambulans, dan suara knalpot kendaraan bermotor. Di dalam rumah, white noise dapat berupa suara penyedot debu, kipas angin, mesin cuci, AC (air conditioner atau pendingin ruangan), dan apa pun yang berupa suara yang konsisten dan menenangkan sepanjang malam.

Mengapa bisa membantu bayi tidur dan menenangkannya?

Bayi cenderung menyukai white noise karena sudah terbiasa dengan suara semacam itu selama berada di dalam kandungan. Bayi Anda menghabiskan siang dan malam mereka dalam suara dengungan dalam tubuh ibunya. Mulai dari detak jantung, suara darah yang mengalir deras ke seluruh tubuh, serta ritme masuk dan keluar dari napas ibunya. Dokter spesialis anak di Amerika Serikat, Dr. Harvey Karp, menjelaskan dalam sebuah artikel di The Huffington Post, bahwa bayi terbiasa dengan deru darah yang deras mengalir melalui plasenta, dan bahkan lebih berisik daripada penyedot debu. "Suara ini ‘menyalakan refleks yang menenangkan dan membantu bayi tertidur. Tidak heran bayi tertidur ketika mereka mendengar suara pengering rambut, berada di dalam mobil, atau pergi ke pesta yang bising,” ucapnya. Sebuah studi awal tahun 1990 yang diterbitkan dalam Archives of Disease in Childhood yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, menemukan, bahwa white noise dapat membantu bayi tidur. Empat puluh bayi baru lahir dipelajari, dan ditemukan bahwa 80% bayi tersebut dapat tertidur setelah 5 menit mendengar white noise.

Volume suara rendah dan beri jarak dengan tempat tidur bayi

Terlepas dari manfaatnya, white noise tidak selalu memberikan ketenangan tanpa risiko pada bayi. Di tahun 2014, American Academy of Pediatrics (AAP) menguji 14 alat yang mengeluarkan white noise, yang dirancang untuk bayi. Mereka menemukan bahwa semuanya melebihi batas kebisingan yang disarankan, yang ditetapkan pada 50 desibel dan dapat memicu meningkatnya gangguan pendengaran. Berdasarkan temuan AAP tersebut, para dokter anak merekomendasikan bahwa, mesin white noise harus ditempatkan setidaknya 200 cm dari boks bayi Anda. Anda juga harus menjaga volume pada mesin agar tidak terlalu keras dan sebaiknya tidak terus-menerus dinyalakan sepanjang malam atau selama si kecil tidur. Dr. Ronald Hoffman, dari New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, menyarankan para orang tua untuk menjaga suara pada volume rendah dan menempatkan mesin jauh dari tempat tidur bayi mereka. Patti Martin, direktur audiologi dan pidato patologi di Arkansas Children's Hospital di Little Rock, setuju. “Jika Anda memilih untuk menggunakannya, berhati-hatilah. Jangan letakkan mereka di pagar ranjang. Letakkan di seberang ruangan atau kamar bayi.”

Macam-macam white noise

  1. Sooshing: Anda dapat meniru suara sooshing terus-menerus dari gerakan aliran darah melalui arteri di dekat rahim. Sooshing adalah metode yang sudah lama dikenal untuk menenangkan bayi yang sedang rewel dan dikombinasikan dengan gerakan ayun yang lembut. Dr Harvey menyarankan untuk perlahan mengurangi volume suara ‘ssshhh’ Anda secara bertahap ketika bayi Anda mulai memejamkan mata. 
  2. Suara alam: Mulai dari suara air mengalir, air terjun, air hujan, ombak, tiupan angin, dan semacamnya merupakan white noise yang dapat menjadi suara pengantar tidur untuk bayi Anda. 
  3. Suara alat rumah tangga: Misalnya, suara kipas angin, pengering rambut, mesin cuci, dan AC yang konstan juga dapat membantu bayi Anda untuk terlelap. Untuk memudahkan Anda, Anda dapat mencarinya di Spotify dan memutarkannya untuk si kecil. 
  4. Suara dari aplikasi white noise: Unduh aplikasi white noise yang memiliki ratusan suara untuk dipilih. Misalnya, White Noise dan Cradle, yang dapat diunduh gratis. Pada aplikasi Cradle, Anda dapat merekam suara sooshing Anda dan memutarkannya. 
  5. Mesin white noise: Mesin ini tersedia di online dan offline store, serta marketplace seperti Tokopedia. Ada begitu banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan anggaran Anda. Contohnya, Baby Shusher White Noise, Meyis White Noise Machine, dan Betterway Baby Adult White Noise.