Kiat Menggali Bakat Seni Balita di Rumah

Anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial memiliki keistimewaan tersendiri, apakah Anda sudah mengenal kecerdasan visual spasial pada si kecil?

Kiat Menggali Bakat Seni Balita di Rumah

Kecerdasaan anak bisa kita ketahui melalui dari beberapa faktor antara lain faktor keturunan dan lingkungan. Kecerdasan lingkungan berasal dari usaha orang tua dalam mengikuti dan melatih si kecil untuk mengembangkan kemampuannya, sedangkan kecerdasan keturunan bisa didapat anak yang berasal dari ayah dan ibunya.

Kecerdasan manusia terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah kecerdasan visual spasial. Kecerdasan ini dapat diartikan sebagai kekuatan dalam melihat gambar, memahami warna, memahami arah, dan ruang. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir apabila si kecil belum menunjukan kecerdasan tersebut. Anda dapat membantu anak mengembangkan kecerdasan visual spasial sejak dini. Untuk Untuk membantu para ibu dalam melatih kecerdasan visual spasial pada anak, Cussons Baby bersama Parentstory mempersembahkan sebuah webinar kelas aktivitas bersama LYFE Generation dan Kidea Menteng.

Pada webinar kelas aktivitas tersebut mempunyai tema aktivitas Menggali Bakat Seni Balita di Rumah. Webinar tersebut mendatangkan pakarnya langsung bernama Lidia Wati, M.Psi., seorang Psikolog LYFE Generation dan Ms. Elizabeth Laroa Ponce, Head of Teacher Kidea Menteng, untuk menstimulasi seni balita dari Kidea Menteng. Acara tersebut menggali secara mendalam mengenai kecerdasan visual spasial pada anak, cara melatih bakat seni si kecil selama di rumah saja, hingga para ibu mengikuti praktek stimulasi tersebut secara online bersama si kecil.

Nah, apabila anak Anda di rumah mempunyai kecerdasan visual spasial, maka ia mampu mengubah atau menuangkan pengertiannya ke dalam bentuk lain, misalnya gambar atau berbagai bentuk dekorasi. Kira-kira seperti apa ciri-ciri anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial?

Ciri-ciri Kecerdasan Visual Spasial pada Anak

Anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial ini mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan anak-anak lainnya dalam mengingat dan menerjemahkan isi pikirannya dalam bentuk gambar atau bentuk.Berikut ini adalah ciri-cirinya.

1. Kemampuan Menggambar

Ciri yang menonjol dari anak yang mempunyai kecerdasan ini adalah kegemaran menggambar. Biasanya anak dapat menggambar sangat baik dengan menggunakan warna, garis, dan sudut gambar.

2. Suka Mencoret-coret

Anda di rumah pasti sangat marah apabila si kecil suka mencoret-coret di tembok rumah atau di barang lainnya? Hal ini sebenarnya bisa jadi adalah salah satu ciri bahwa anak Anda mempunyai kecerdasan visual spasial, dan sedang melakukan eksplorasi yang ada di dalam dirinya. Hal ini juga bisa melatih sisi kreatif pada anak.

3. Kemampuan Mewarnai

Aktivitas mewarnai ini adalah hal yang paling menyenangkan bagi si kecil karena dengan sesuka hati mereka mengenal berbagai macam warna dan menggunakan alat untuk mewarnai yang beragam. Ternyata kemampuan mewarnai ini bisa melatih daya kemampuan imajinasi mereka dan kreativitas. Anak yang mempunyai kecerdasan ini bisa menggunakan berbagai warna secara kreatif.

4. Menyukai Permainan Balok

Menurut Lidia, Psikolog LYFE Generation, “Permainan balok ini dapat dibuat menjadi bentuk-bentuk tertentu sesuai imajinasi anak”. Melalui permainan konstruksi

ini biasanya si kecil dapat mewujudkan sebuah bangunan atau bentuk yang sudah ada di pikirannya. Hal ini merupakan tanda, bahwa ia mempunyai imajinasi dan daya bayang yang baik ketika memainkan balok tersebut.

5. Menyukai Permainan Puzzle

Lagi, Lidia menambahkan, apabila anak menyukai kegiatan bermain maze, bisa jadi si kecil mempunyai kecerdasan visual spasial. Permainan maze atau puzzle ini banyak melibatkan panca indera anak, dengan melihat, memegang, dan daya bayang yang baik.

Cara Melatih Kecerdasan Visual dan Bakat Seni Anak di rumah

Kecerdasan visual mempunyai ciri yang berhubungan erat dengan seni bakat anak antara lain dengan menyukai menggambar, mewarnai dan, messy play. Anda di rumah jangan khawatir atau merasa emosi saat anak sedang asyik mengeksplorasi sesuatu. Salah satu cara termudah untuk melatih kegiatan tersebut dengan menggunakan barang yang sudah tersedia di rumah. Ms. Elizabeth Laroa Ponce menyebutkan, untuk menstimulasi bakat seni si kecil, Anda dapat menggunakan cat air, pewarna makanan, saus, kuas, cotton bud, garpu, air, sayuran, dan buah. Biarkan anak mengeksplorasi sesuai dengan keinginan dan kemauan anak, dengan seperti itu dapat melatih sisi kreativitas anak. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan anak setelah mereka asyik bereksplorasi dengan selalu menyediakan produk aman bagi bayi, seperti Cussons Baby Wipes yang dermatologically tested, alcohol free dengan pilihan wangi yang menyegarkan.