Messy Play, Why Not?

Jangan langsung panik jika rumah berantakan akibat anak Anda asyik bermain. Sesekali, Anda justru sebaiknya mendorongnya untuk bermain sesuka hati karena ada banyak manfaat dari messy play.

Messy play atau bermain dengan berantakan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengalaman bermain anak yang tidak dibatasi walaupun berantakan. Anak dapat mengeksplorasi secara bebas saat bermain dengan obyek seperti pasir, air, kapur, cat, lilin bentuk dan lainnya. Orang tua seringkali anti dengan messy play karena sifatnya yang berantakan. Namun sebenarnya sangat banyak manfaat yang bisa didapat dari messy play. Simak di bawah ini manfaat dari messy play pada perkembangan anak: 


1. Mengasah rasa ingin tahu, imajinasi dan eksplorasi pada anak

Tidak ada cara benar atau salah untuk melakukan messy play, Anda hanya perlu membiarkan anak bereksperimen dan bermain dengan obyek serta bahan-bahan mentah tanpa batasan. Mengapa bahan mentah? Karena mainan-mainan yang ada memberikan batasan pada anak secara tidak langsung. Contohnya, bermain dengan sebuah boneka tentu menyenangkan namun tentu ada batasan seorang anak dapat bermain menggunakan boneka tersebut. Dengan bahan mentah seperti pasir, air, kapur, cat dan lilin bentuk, anak dapat berimajinasi dan mengeksplorasi bahan-bahan ini dengan caranya sendiri. Ia akan menemukan hal baru yang tentu kian mengasah rasa ingin tahu serta pengetahuannya. 


2. Meningkatkan kemampuan fisik

Messy play juga mendorong perkembangan fisik pada anak. Aktivitas yang dilakukan seperti meloncat ke dalam air, menuang pasir, mengangkat dan membentuk lilin, serta menggambar akan menguatkan otot anak serta melatih kontrol terhadap motorik halus maupun kasar. Apabila ada peralatan lain yang digunakan seperti sekop mainan atau ember, anak juga akan berlatih untuk menyempurnakan koordinasi tangan dengan mata. Hal-hal ini akan melatih anak untuk memiliki kesadaran pada tubuh mereka yang tentu akan bermanfaat bagi pertumbuhannya. 


3. Melatih konsentrasi dan mengasah kemampuan lainnya

Tingkat konsentrasi tinggi dibutuhkan saat sedang melakukan messy play, dari mengeksplorasi obyek hingga menggunakan seluruh panca indra untuk menemukan hal baru dan menceritakannya. Hal ini membentuk anak untuk juga dapat berkonsentrasi saat belajar untuk melakukan hal praktikal lainnya. Saat anak belajar membuat bentuk di pasir, mereka bisa saja sedang membangun dasar yang baik untuk belajar menulis. Atau saat anak bertukar mainan dengan anak lain, mereka sedang belajar kemampuan negosiasi dan berbagi dengan orang lain. 


4. Mendorong komunikasi dan pemahaman bahasa

Anak kecil yang belum bisa bicara akan berusaha menemukan cara-cara lain untuk menceritakan apa yang telah ia temukan saat bermain. Hal ini akan mengasah kemampuan kognitif dan kemampuan anak untuk berkomunikasi. Selain itu, messy play seringkali dilakukan anak dengan anak lain atau dengan orang dewasa, dengan demikian mengasah kemampuan anak untuk bersosialisasi. 


5. Melatih pengenalan panca indra

Dengan messy play anak pun belajar untuk mengenal indra mereka dengan mengalami sendiri rasa, bentuk serta aroma bahan-bahan yang berbeda. Hal ini membangun kesadaran anak pada dunia di sekeliling mereka. 


6. Mengajar anak untuk bermain secara mandiri

Kian hari anak kian kehilangan kemampuan untuk menghibur diri sendiri dan bermain secara mandiri. Dengan messy play, anak belajar untuk menenangkan diri sendiri khususnya dalam kondisi bermain tanpa batasan. Dalam kondisi di mana tidak ada yang benar atau salah, anak juga akan merasa percaya diri akan kemampuannya, yang akan membentuk gambar diri untuk hal-hal di masa depan.


Jika Anda ingin mulai mencoba messy play pada anak, sebenarnya tidak sulit untuk melakukannya. Orang tua dapat mulai menggunakan hal-hal di sekeliling dan kegiatan sehari-hari untuk bermain dengan anak. Misalnya, biarkan anak bermain di bak mandinya lebih lama dan ajarkan anak untuk makan sendiri dengan tangan mereka. Sesuai dengan namanya, messy play dapat membuat area rumah sedikit berantakan. Hadapi hal ini dengan memberikan area khusus untuk anak bermain dan siapkan alas agar lebih mudah dibereskan.