Mulai Panik dengan Gejala Corona? Langsung KlikDokter untuk Memastikannya!

Khawatir terjangkit virus corona, tapi tak ingin terburu-buru ke rumah sakit untuk memeriksakannya? Gunakan saja layanan dari Klikdokter bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang menyediakan fasilitas cek Covid-19 secara online.

Tanggap corona bersama KlikDokter

Bagi Anda yang masih terpaksa harus beraktivitas di luar rumah atau bertemu banyak orang, mungkin ada kekhawatiran akan terkena virus corona. Namun, situasi dan kondisi saat ini kurang mendukung keinginan Anda untuk melakukan pengecekan dan berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Seperti yang diketahui, saat ini berbagai rumah sakit penuh dan kewalahan menangani pasien. Baik rumah sakit swasta maupun rumah sakit yang menjadi rujukan pemerintah dalam menangani Covid-19.

Anda tak perlu khawatir, karena kini tersedia layanan cek mandiri COVID-19 dan konsultasi telemedik yang dapat akses dari mana saja, tanpa perlu keluar rumah. Pemerintah bersama KlikDokter (PT. Medika Komunika Teknologi), anak usaha PT. Kalbe Farma, Tbk, meresmikan kerjasama bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan meluncurkan inovasi teknologi kesehatan layanan telemedicine cek gejala corona online. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan hari Rabu (25/03/2020) lalu di Jakarta.

Untuk mempercepat proses pengobatan

Dilansir dari Klikdokter.com, Direktur Utama KlikDokter Dino Bramanto mengatakan, “Di tengah pandemi COVID-19 yang baru muncul, saat ini, wajar bila banyak masyarakat yang bingung dengan berbagai informasi yang beredar. Namun, penting agar masyarakat dapat berpikir positif dan memiliki pemahaman yang baik mengenai COVID-19.” Karena itu, tujuan dari inovasi ini untuk membantu pemerintah menangani COVID-19 dan mendorong warga Indonesia agar tidak takut ataupun malu memeriksakan diri. Terutama, jika memiliki gejala dan pernah kontak dengan orang asing atau baru saja melakukan perjalanan dari negara yang terinfeksi Covid-19. Pasalnya, semakin cepat terdeteksi dan diobati, maka semakin besar peluang untuk sembuh.

Keterbukaan masyarakat pada informasi kesehatan yang dimiliki menjadi kunci untuk mendeteksi penyebaran virus corona dan mempercepat proses pengobatan. Ini berarti, akan memperbesar peluang pasien yang terinfeksi virus corona untuk sembuh. Data dan kerahasiaan medis pasien tentu saja dilindungi oleh UU No. 29 Tahun 2004, sehingga Anda tidak perlu khawatir data Anda akan tersebar. Berdasar data WHO (World Health Organization), sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan, dan bisa sembuh dengan perawatan di rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Karena itu, layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani dan mengobati pasien COVID-19 yang berada di kategori risiko menengah sampai tinggi.

Gratis konsultasi dengan dokter selama 24 jam

Lewat fitur ini, Anda dapat melakukan pengecekan gejala-gejala awal Covid-19 yang Anda rasakan tanpa biaya dan tak perlu keluar rumah. Cukup dengan mengakses tautan ini, Anda dapat berkonsultasi dengan ribuan dokter berlisensi dan berpengalaman yang bekerjasama dengan KlikDokter, selama 24 jam. Layanan yang telah diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2020 ini telah mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat serta sudah diakses oleh lebih dari jutaan pengguna.

Di laman tersebut, Anda akan dapat langsung berkonsultasi dengan dokter-dokter yang telah terverifikasi oleh tim dari KlikDokter. Dokter-dokter tersebut akan aktif secara online selama 24 jam dan akan menjawab pertanyaan Anda seputar Covid-19. Mulai dari deteksi awal Covid-19, mengetahui daftar rumah sakit rujukan kasus virus corona, data terkini kasus positif corona di Indonesia maupun negara lain, info-info seputar virus corona, berita hoax, hingga berkonsultasi lanjut dengan dokter pilihan.

Bila perlu obat, akan diantar ke rumah

Jika dari hasil konsultasi Anda dengan dokter terdapat dugaan menderita COVID-19, dokter akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah dan menerapkan isolasi di rumah. Bila ada obat yang diresepkan, obat akan diantar langsung ke rumah Anda menggunakan jasa antar dari Grab. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak penderita COVID-19 dengan orang lain dan memutus rantai penyebaran penyakit.

Bagi Anda yang memerlukan penanganan dan tindakan lebih lanjut, Anda akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Jangan khawatir akan salah diagnosa. Pasalnya, mitra dokter KlikDokter telah mendapatkan pelatihan dan memiliki pengetahuan yang memadai sesuai anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan WHO mengenai COVID-19. KlikDokter juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis terkait Covid-19 dengan dokter, kapan saja dan dimana saja.