Banner Promo Image
Menangkan iPhone 11 dengan bergabung di Parentstory!
Daftar Sekarang

Pompa ASI hingga ASI Booster, Ini Rekomendasi Perlengkapan Ibu Menyusui

Menyusui bukanlah hal yang mudah, tapi dengan produk-produk ini ibu dapat menjalankan aktivitas menyusui atau pumping dengan lebih nyaman dan praktis.

Alat Bantu Menyusui ASI

Saat mempersiapkan kelahiran si bayi, ibu mungkin fokus pada benda-benda perlengkapan bayi, seperti bedong, popok, pakaian, stroller, dan peralatan lainnya. Perlu ibu ingat, bahwa mempersiapkan alat dan perlengkapan pendukung untuk menyusui juga penting. Karena, menyusui bukanlah hal yang mudah, tapi dengan produk-produk ini ibu bisa terbantu untuk menjalankan aktivitas menyusui atau pumping dengan lebih nyaman dan praktis. Jika Anda sedang mencari inspirasi dan ide hadiah kelahiran untuk ibu hamil, produk-produk ini juga bisa menjadi pilihan yang pastinya fungsional dan bermanfaat. Jadi, apa saja benda-benda rekomendasi kami yang dapat membantu kelancaran proses menyusui? Simak daftar di bawah ini!

1. Mamaway Bra Top Singlet with Built-in Bra

Penting sekali untuk memiliki baju menyusui yang nyaman dan praktis untuk dikenakan. Atasan bertali ini bisa menjadi baju tidur atau lapisan dalam yang memudahkan Anda untuk menyusui. Dengan built-in bra tanpa kawat, baju ini tetap nyaman untuk dipakai seharian. Beli produknya di sini.

2. Doopser Portable Electric Single Breast Pump

Pompa ASI ini sangat praktis dan fleksibel! Dengan 9 level hisapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, Anda pun lebih bebas bergerak dan beraktivitas sembari pumping karena pompa ASI ini tidak memiliki selang atau kabel penghubung.

3. Realfood Wonder Mom Minuman Sarang Burung Walet 99% dengan Asam Folat

Minuman sarang burung walet ini diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui. Selain asam folat, ada juga kandungan asam sialat yang mempercepat penyembuhan pasca operasi serta asam amino yang membantu mengurangi kecemasan dan keletihan pada ibu hamil dan menyusui.

4. GEA Baby RayQueen Plus UV Sterilizer

Bayangkan berapa waktu yang dapat dihemat saat bisa membersihkan botol susu tempat ASI perah dan peralatan pumping hanya dengan memasukkannya ke dalam UV sterilizer ini! Tak hanya itu, Anda juga bisa memasukkan benda lain seperti mainan bayi, handphone, atau remote control dan lainnya untuk membunuh 99.9% bakteri dan kuman yang menempel pada permukaannya.

5. Babymoov Babybols Container

Wadah plastik ini cocok digunakan sebagai penyimpanan ASIP atau MPASI. Terbuat dari bahan yang bebas dari PP dan BPA, sehingga aman untuk digunakan pada sterilizer, microwave, freezer, atau steamer. Tutupnya pun rapat dan kedap udara, jadi mengurangi risiko tumpah saat dibawa bepergian. Anda bisa menulis tanggal dan jam pumping untuk menandai ASIP dalam wadah ini, dengan menggunakan spidol non permanen pada bagian tutupnya. Beli produknya di sini.

6. Pigeon Nipple Care Cream

Menyusui kerap membuat puting payudara ibu kering, lecet, dan terluka. Pigeon Nipple care cream mengandung bahan hypoallergenic dari 100% lanolin murni, juga tidak mengandung parfum dan pewarna. Selain dapat digunakan untuk puting ibu menyusui, dapat juga dipakai pada kulit bayi jika mereka mengalami ruam atau kulit kering.

7. Crane Lactation Massager

Payudara yang bengkak dan ASI yang tersumbat atau sedikit juga merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi ibu menyusui. Alat pemijat ini adalah solusinya! Dengan bahan yang lembut dan ergonomis, serta fitur 5 mode getaran, pemijat ini dapat membantu melancarkan ASI sehingga payudara ibu tetap nyaman, bahkan bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Beli produknya di sini.


8. Cottonseeds Nursing Cover

Jika Anda ingin menyusui bayi atau memompa ASI di luar rumah, kenakan nursing cover atau penutup menyusui ini untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan. Selain menjadi nursing cover, Anda juga memakainya untuk penutup stroller, selimut, alas ganti popok atau pelapis car seat.

9. Dr. Bebe Nursing Pillow

Menyusui bayi dalam posisi yang sama untuk beberapa lama dapat menyebabkan kelelahan bagi ibu menyusui. Untuk itu, gunakan bantal menyusui yang dapat membantu menopang tubuh bayi dan memberikan kenyamanan bagi ibu. Bantal ini dapat juga digunakan untuk membantu bayi menikmati tummy time atau tengkurap, hingga dipakai saat ia belajar duduk.

10. Herbilogy Breastfeeding Kapsul ASI Booster

Dengan kandungan daun kelor, daun katuk, dan fenugreek, ASI booster dari Herbilogy ini dapat membantu melancarkan produksi ASI dengan cara yang aman dan alami. Tak hanya meningkatkan produksi, produk ini juga diklaim dapat mengentalkan ASI yang dihasilkan ibu menyusui. Beli produknya di sini.

11. Kukis Almond Oat Mama Bear

Ibu menyusui biasanya memang mudah lapar, namun tentu harus mencari opsi camilan yang sehat untuk menjaga kualitas ASI. Lactation cookies dari Mama Bear ini tak hanya lezat tapi juga terbuat dari bahan-bahan natural yang dapat membantu produksi ASI, seperti kacang almon, oatmeal, dan biji rami atau flaxseed. Beli produknya di sini.

12. Gabag Cooler Bag

Tas ini memiliki kapasitas muatan hingga 6 botol susu berukuran 100ml. Di dalamnya terdapat dua buah ice gel. Desainnya yang fungsional dan fashionable dapat Anda pakai dengan 3 model, yakni sebagai tas selempang, tas bahu atau backpack. Dilengkapi juga dengan berbagai saku dan kantong tambahan, sehingga mudah bagi Anda untuk mengatur isi tas agar lebih rapi.

13. Electric Double Breastpump Spectra Dual Compact

Pompa ASI double keluaran terbaru dari Spectra ini tak hanya terlihat stylish, minimalis, dan modern, tapi juga memiliki spesifikasi mesin yang kuat. Anda dapat mengatur kekuatan hisap corong kanan dan kiri secara terpisah dan berbeda, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda saat pumping.

14. ASI Booster Asifit Kaplet

Kaplet Asifit merupakan suplemen ASI booster yang dapat melancarkan keluarnya ASI dan meningkatkan produksi susu. Tak hanya itu, kaplet Asifit juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh ibu menyusui agar dapat segera pulih pasca melahirkan. Beli produknya di sini.

15. Susu Menyusui Lactamil Lactasis

Selain nutrisi untuk bayi, penting juga untuk menjaga asupan nutrisi untuk ibu menyusui. Salah satunya adalah dengan konsumsi susu menyusui yang penuh gizi, seperti Lactamil Lactasis. Dengan kandungan vitamin A, C, dan E, zat besi, omega 6 dan sari daun katuk, ibu menyusui dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan mudah dan nikmat.

16. Hydromamma Mixed Berry

Ibu menyusui harus mengonsumsi cairan yang lebih banyak dari biasanya karena komposisi ASI memang sebagian besar terdiri dari air. Hydromamma merupakan minuman bernutrisi tinggi yang memiliki kandungan asam folat dan vitamin C. Manfaat Hydromamma dapat dinikmati sejak masa kehamilan hingga menyusui, karena tidak mengandung pemanis buatan dan rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Beli produknya di sini.

17. BKA Breast Relaxant Kompres Payudara

Mastitis tentu menjadi ketakutan ibu menyusui. Untuk mengurangi bengkak, nyeri, dan ASI yang tersumbat, siapkan kompres payudara ini saat menyusui atau pumping. Anda bisa menjadikannya kompres dingin maupun hangat, sesuai dengan kebutuhan. Beli produknya di sini.

18. Multivitamin Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold

Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Agar tidak repot mengonsumsi terlalu banyak suplemen terpisah, cukup minum suplemen Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold yang memiliki kandungan lengkap asam folat, kalium, kalsium, vitamin B, magnesium, DHA, dan nutrisi penting lainnya ini.

19. Baju menyusui Maver 2in1 Vlore

Tetap tampil stylish dan nyaman dengan baju menyusui yang memiliki akses mudah untuk dibuka, serta memiliki bahan yang lembut dan sejuk. Baju menyusui multifungsi ini memiliki beberapa pilihan motif dan bahan katun yang adem.

20. Kantong ASI Gabag

Untuk menampung ASI perah dengan aman, pilih kantong ASI yang berkualitas untuk mencegah bocor atau kontaminasi bahan yang berbahaya. Selain itu ibu menyusui juga dapat menyambungkan kantong ini langsung ke corong pompa ASI dengan menggunakan konektor yang praktis dan mudah. Beli produknya di sini.

21. Bra Menyusui Mooimom Wireless Lace

Dengan bahan cotton spandex dan sentuhan renda yang elegan, bra ini memiliki desain bukaan menyusui yang praktis dan mudah dibuka. Ibu menyusui juga dapat menyesuaikan tali strap atau melepas bantalan bra jika dibutuhkan. Karena tidak memiliki kawat, bra ini tidak menekan dan nyaman dikenakan oleh ibu hamil dan menyusui.

22. Dacco Mama Nipple Wipes

Untuk kenyamanan dan kesehatan, ibu menyusui harus menjaga kebersihan payudara sebelum dan sesudah menyusui bayi. Cara mudahnya adalah, dengan menggunakan tisu pembersih khusus untuk payudara dari Dacco Mama ini. Setiap pak terdiri dari 2 lembar tisu dengan 100% air yang telah disterilkan dan tanpa alkohol atau pewangi. Kemasannya pun praktis dan mudah untuk dibawa bepergian.

23. Mooimom Hands Free Pumping Bra

Jika Anda cukup banyak menghabiskan waktu untuk pumping, maka berinvestasilah pada hands-free bra seperti ini, yang khusus dibuat untuk mendukung aktivitas pumping ibu menyusui. Dengan bra ini, Anda cukup menyelipkan corong pompa ASI pada lubangnya dan tangan Anda pun dapat bebas bergerak dan melakukan kegiatan lain. Bra ini juga dapat menjadi nursing bra atau bra menyusui karena ada klip yang bisa memberi akses ke payudara dengan mudah dan leluasa.

24. Pigeon Breast Pad Honeycomb

Lindungi pakaian dari noda ASI yang merembes dengan breast pad ini. Breast pad Pigeon ini memiliki daya serap tinggi dan anti bocor, tapi tetap terasa ringan dan nyaman untuk dikenakan sehari-hari. Bentuk honeycomb-nya menjaga kulit dari kelembapan dan membuat payudara tetap dapat 'bernapas' meski terlapisi oleh breast pad ini. Beli produk ini di sini.