Suplemen untuk Menjaga Imun dan Nafsu Makan Anak Andalan Para Ibu

Ada banyak suplemen vitamin dan peningkat nafsu makan anak yang berkualitas di pasaran. Ini adalah 8 rekomendasinya

Menurut American Academy of Pediatrics (APA), anak-anak sehat yang rutin mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang umumnya tidak membutuhkan suplementasi vitamin. Kecuali vitamin D pada bayi dan anak kecil, jika mereka tidak mendapatkan kebutuhan harian yang direkomendasikan melalui makanan dan minuman. Namun, banyak orang tua memilih untuk memberi anak mereka suplemen multivitamin dengan harapan kebutuhan nutrisi buah hatinya dapat terpenuhi. Apalagi di masa pandemi seperti ini, dan kala musim hujan datang di akhir hingga awal tahun, dimana batuk-pilek kerap dialami oleh anak-anak. Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan daya tahan atau imun tubuh, dan ada pula yang bertujuan ingin meningkatkan nafsu makan pada anak yang picky eater.

Mengetahui vitamin dan suplemen apa yang tepat bagi si kecil mungkin tidak mudah. Karenanya, Parentstory telah merangkum 8 rekomendasi suplemen andalan para orang tua untuk meningkatkan imun dan nafsu makan anak-anaknya. Tetapi, pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum memberikan suplemen ini kepada si kecil. Terutama jika anak sedang sakit dan mungkin memiliki penyakit bawaan tertentu. Perlu diketahui, bahwa artikel ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat medis. Berikut adalah rekomendasinya!

1. Blackmores Koala Kids Body Shield

Blackmores Koala Kids Body Shield merupakan suplemen berbentuk tablet hisap yang mengandung kombinasi 5 nutrisi yang dibutuhkan anak dalam fase tubuh kembang, yaitu:

  • Vitamin A 100 µg RE
  • Vitamin C 60 mg
  • Vitamin D3 200 IU
  • Vitamin E 7 IU
  • Zinc 2.5 mg

Tablet kunyah rasa jeruk ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak secara optimal dan endukung daya tahan tubuh anak pada saat infeksi ringan seperti flu. Meski memiliki rasa jeruk, namun bebas dari gula karena mengandung xylitol (pemanis alami dari tumbuhan), sehingga tidak merusak gigi si kecil. Blackmores Koalakids Body Shield tersedia dalam botol berisi 60 tablet. Dosis atau saran penyajiannya, yakni untuk anak berusia 2-12 tahun dengan dosis 2 tablet sehari setelah makan, atau sesuai petunjuk dokter.

2. Imboost Kids Syrup

Imboost Kids anak adalah suplemen dalam bentuk sirup untuk anak yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tiap 5 ml suplemen ini mengandung Echinacea purpurea herb dry extract 250 mg dan Zn Picolinate 5 mg. Dosis untuk anak di bawah usia 2 tahun adalah sesuai anjuran dokter, anak usia 2-6 tahun adalah 1 sampai 2 kali sehari masing-masing 5 ml, sementara anak berusia di atas 6 tahun adalah 3 kali 5 ml dalam sehari.

Imboost Kids mengandung berbagai bahan aktif dengan mekanisme kerja sebagai berikut:

  • Echinaceae yang diketahui hidup di utara Pegunungan Roxy Amerika Serikat merupakan tanaman herbal yang berkhasiat mengatasi flu, common cold, dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Selain berperan menurunkan peradangan tubuh yang memicu serangan flu, tanaman herbal ini juga diketahui dapat meningkatkan dan menstimulasi daya tahan tu
  • Zinc Picolinate adalah salah satu zinc yang mudah diserap tubuh dari berbagai jenis zinc yang ada. Seperti kinerja zinc pada umumnya, zat asam ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh (immunodulator) dan berperan sebagai anti infeksi karena kemampuan antimikrobanya. 

3. Nature’s Way Kids Smart Chewables Immune Defence

Anak-anak seringkali terpapar kuman di dalam kelas dan saat bermain. Hal itu mungkin mengganggu sistem kekebalan anak dan terkadang menyebabkan ia menjadi sakit. Kids Smart Immune Defense Chewables telah diformulasikan untuk membantu mendukung sistem kekebalan anak dalam melawan penyakit. Tablet kunyah rasa elderberry yang lezat ini tidak mengandung pewarna buatan dan 99,9% bebas gula. Tablet kunyah ini mengandung vitamin A, C, D, E, Zinc, dan bubuk sari buah Elderberry untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Bagi anak-anak usia 2-4 tahun, suplemen ini dapat dikunyah (tidak menelan utuh) sebanyak 1 tablet kunyah per hari, dan disarankan di bawah pengawasan orang dewasa. Bagi anak-anak berusia 5-11 tahun, juga dikunyah sebanyak 2 tablet kunyah per hari. Atau seperti yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan Anda.

4. Youvit Gummy Multivitamin Anak

Mungkin Anda kerap melihat multivitamin ini di pasaran, seperti minimarket dan toko-toko di sekitar rumah Anda. Ya, Youvit Gummy Multivitamin termasuk paling terjangkau dibandingkan beberapa merek suplemen anak lainnya. Harganya pun relatif tidak mahal. Youvit Gummy Multivitamin dilengkapi 10 vitamin, seperti vitamin A, B Kompleks, C, D, dan E, plus tiga mineral, yaitu selenium, iodium, zinc, yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral harian anak sesuai AKG (angka kecukupan gizi). Tak hanya itu, Youvit Gummy dapat membantu proses pertumbuhan tulang anak dan meningkatkan kinerja otak. Vitamin ini disarankan hanya diminum satu kali dalam sehari, setelah sarapan.

5. Wellness Gummy Kids

Sebagian besar anak-anak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan seimbang untuk mendukung tumbuh kembangnya, tetapi dalam kondisi tertentu, anak-anak mungkin perlu menambah vitamin atau mineral. Terutama bila si kecil termasuk picky eater atau kurang memiliki nafsu makan. Wellness Gummy Kids mengandung multivitamin, Zinc dan Iodine untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, serta Folic Acid untuk mencegah pertumbuhan yang terhambat dan nafsu makan menurun pada anak. Multivitamin ini dianjurkan dikonsumsi oleh anak berusia lebih dari 4 tahun dengan dosis 1 tablet kunyah per hari.

6. Moller’s Tran

Produk ini merupakan salah satu suplemen penambah nafsu makan anak sekaligus multivitamin yang populer di kalangan para ibu. Terdapat 3 varian, yaitu Tutti Frutti, Lemon, dan Natural. Moller's Tran adalah minyak ikan cod yang berasal dari Norwegia dan konon dianggap sebagai salah satu COD liver oil terbaik. Minyak ikan ini mengandung banyak manfaat karena mengandung vitamin A, E, D serta Omega-3 (DHA dan EPA). Moller’s Tran dapat bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa sehingga bisa menjadi vitamin untuk seluruh anggota keluarga.

7. Scott’s Emulsion Vita

Di Indonesia, Scott’s Emulsion merupakan salah satu suplemen penambah nafsu makan yang sudah dikenal sejak lama. Dapat dikonsumsi oleh anak berusia 1-12 tahun, dan bukan hanya sebagai penambah nafsu makan, tapi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Scott’s Emulsion terbuat dari campuran minyak ikan kod yang mengandung asam lemak Omega-3 (DHA+EPA), kalsium, vitamin A dan D, yang bagus untuk asupan gizi harian si kecil.

8. Curcuma Plus Grow Emulsion

Curcuma Plus diformulasi khusus untuk memperbaiki nafsu makan dan memenuhi kebutuhan multivitamin harian si kecil sehingga dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal. Terutama pada anak yang sedang kurang nafsu makan karena mengandung temulawak organik yang dapat meningkatkan selera makan anak. Selain itu, Curcuma Plus Grow Emulsion juga mengandung minyak ikan, kalsium, vitamin D, serta multivitamin (Vit. A, B1, B2, B5, B6, B12).