Tangkal Virus tanpa Obat ala Debby Jean

Di tengah pandemik seperti saat ini, tak perlu panik! Debby Jean menyarankan metode holistik untuk memperkuat imun tubuh.

Tangkal Virus tanpa Obat ala Debbie Jean

Salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona adalah dengan pembatasan fisik dan sosial. Namun tak hanya itu, kita juga perlu menjaga kesehatan selama di rumah saja. Belakangan, banyak informasi yang beredar, baik dari obat yang efektif hingga suplemen yang wajib dikonsumsi, agar tubuh dapat menangkal virus. Lalu, bagaimana menjaga sistem imun yang benar? Beberapa waktu lalu Parentstory telah mengadakan online workshop di WhatsApp Parentstory Community. menghadirkan narasumber Debby Jean Marie, Founder @rootoflifeuk. Ia pun memaparkan sejumlah tips untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh secara holistik. Simak rangkuman tanya-jawabnya berikut.

Q : Apakah benar bahwa vitamin dalam bentuk suplemen, tidak boleh diminum setiap hari? Apabila sudah mengonsumsi 1 botol, haruskah berhenti sementara untuk mencegah penyakit autoimun? -Debora, Jakarta

A: Mengonsumsi vitamin setiap hari sebenarnya diperbolehkan. Namun, apabila anak-anak sudah terpenuhi gizi dan nutrisi lengkap dari makanan, maka anak tidak diperlukan untuk minum multivitamin tambahan. Dalam memenuhi asupan vitamin dan gizi yang lengkap, Anda hanya perlu memberikan variasi sayur-sayuran pada menu harian anak. Dengan demikian, kebutuhan akan gizi mikro dan makro nutrisi pun sudah tercukupi. Dan sebagai tambahan, tidak ada hubungannya antara konsumsi vitamin dengan penyakit autoimun.

Q : Selama ini kita tahu kalau madu, royal jelly, dan propolis baik untuk kesehatan. Namun beberapa waktu lalu saya membaca perdebatan mengenai propolis untuk pengobatan corona. Apakah benar? -Shenna, Jakarta.

A: Saya sempat baca juga, tapi karena virus corona ini hal yang sangat baru dan belum banyak yang kita ketahui, saya tidak ingin berkomentar banyak terlebih dahulu. Untuk saat ini, lebih baik mengandalkan segala asupan yang alami. Karena makanan yang alami sangat baik untuk tubuh dan imunitas. Untuk madu, sebaiknya menggunakan raw honey, madu alami tanpa ada campuran bahan pengawet dan bisa juga konsumsi madu organik. Madu diyakini mengandung antibakterial dan antiviral. Jadi, secara alami dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan patogen.

Q : Apakah vitamin C Liposomal lebih baik dari vitamin C biasa? -Novi Susan, Jakarta.

A: Pada umumnya, vitamin C Liposomal lebih baik daripada vitamin C biasa. Tetapi, keberadaan vitamin C Liposomal sangat langka di Indonesia dan untuk harganya masih cukup tinggi dibandingkan dengan vitamin C biasa. Vitamin C Liposomal mempunyai kelebihan yaitu, dapat langsung diserap oleh tubuh manusia. Beberapa rumah sakit dan di klinik saat ini sudah menyediakan infus vitamin C untuk pasien dalam pengawasan virus corona.

Q : Apakah kalau anak sudah makan sayur dan buah rutin setiap hari, masih perlu diberi vitamin penambah imun? -Isma Anggrita, Jakarta

A: Banyak sekali orang tua yang beranggapan bahwa anak yang sudah makan sayur dan buah, tidak memerlukan vitamin penambah imun pada anak. Seperti yang kita ketahui, orang tua wajib memperhatikan kondisi sinyal tubuh pada dirinya dan anak. Apabila anak masih sering terkena batuk atau flu, itu menandakan sistem imun yang masih kurang baik. Biasanya, saya selalu menanyakan pada pasien, berapa banyak sayuran yang dikonsumsi, berapa jenis sayur, dan bagaimana konsistensinya. Karena biasanya, porsi nasi orang-orang di Indonesia lebih banyak, sementara sayur hanya sebagai garnish pelengkap. Perlu diperhatikan, dalam mengonsumsi makanan yang sehat dan lengkap nutrisinya. Caranya adalah, porsi sayur harus memenuhi setengah piring. Tak hanya itu saja, variasikan juga dengan biji-bijian, rempah-rempah, dan minyak sehat. Sementara buah-buahan disarankan sebanyak 10-20% dari menu harian. Kalau pada orang dewasa, disarankan sebanyak 160 gram. Jadi, konsumsi suplemen itu harus dipertimbangkan kembali sesuai kebutuhan tubuh.

Q: Bagaimana menjaga kesehatan tenggorokan? Apa yang dimaksud dengan tonsil dan adenoid sebagai benteng pertahanan tubuh? -Anggi, Jakarta

A: Menjaga Kesehatan tenggorokan merupakan salah satu cara dalam menangkal virus corona. Sebagai tahapannya, ketimbang berkumur dengan produk kumur antiseptik, Anda bisa menggunakan air garam, air sea salt, air Himalayan salt, atau dengan pulling oil. Yang dimaksud dengan pulling oil adalah, berkumur dengan virgin coconut oil selama kurang lebih 10 menit. Dan, bila Anda bisa membiasakan diri untuk mengonsumsi fermented garlic juga akan lebih baik. Pada pagi hari, biasakan juuga untuk meminum air lemon. Karena air lemon berguna untuk menurunkan asam lambung. Seharusnya tingkat keasaman (pH) asam lambung hanya berkisar di 1.5 hingga 2. Dengan tingkat asam lambung yang ideal, maka perkembangan bakteri baik, serta sistem pencernaan pun akan optimal dalam menyerap nutrisi makanan.

Q: Bagaimana cara memperkenalkan green smoothies ke anak agar dia tertarik? -Dhila, Bekasi

A: Untuk memperkenalkan green smoothies pada buah hati dapat dilakukan dengan cara biarkan dia membuat sendiri, tetapi tetap perlu didampingi. Lalu, jelaskan manfaat kandungan vitamin pada smoothies yang akan dibuat, dan jadikan rutinitas setiap hari untuk ayah dan ibu serta keluarga dalam mengonsumsi green smoothies setiap hari.