Terapkan Metode Fun Learning untuk Anak

Kita pasti menginginkan anak-anak memiliki minat belajar yang tinggi. Seperti apa metode untuk membuat anak menyukai belajar? Simak artikel berikut!

Fun Learning

Setiap anak memiliki caranya sendiri untuk mempelajari sesuatu secara efektif. Namun, ada satu kesamaan dari anak-anak, yaitu mereka menyukai aktivitas bermain dan bersenang-senang. Jika kita sebagai orang tua bisa membuat belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan, kemungkinan besar anak akan menumbuhkan minat belajar yang tinggi dan bisa menyerap pengetahuan dengan baik. Menurut Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHPEd, ketika seseorang belajar dengan terpaksa dan merasa belajar itu tidak menyenangkan, minat belajarnya akan rendah dan terhenti ketika ia sudah menyelesaikan pendidikan formal. Setelah itu, ia tidak mau berkembang lagi. Sementara dengan mengenalkan konsep fun learning, bisa membantu menumbuhkan semangat dan perasaan senang ketika anak belajar.

Saat ini, sekolah usia dini semakin menjamur. Apakah dengan memasukkan anak untuk bersekolah terlalu dini akan membuatnya ‘bosan’ sekolah? Menurut Rosdiana, concern-nya bukan pada umur, melainkan pada pilihan sekolah. Lagi menurutnya, tidak apa-apa ‘menyekolahkan’ anak pada usia dini selama isinya masih bermain-main, dari permainan tersebut bisa mengembangkan sensori dan banyak bereksplorasi, stimulasi-stimulasi yang bisa dilakukan jika di rumah dirasa kurang maksimal. Karena justru pada usia prasekolah adalah usia yang tepat untuk banyak bereksplorasi. Ketika mereka sudah belajar sesuatu, lama kelamaan akan berkembang kebutuhan untuk belajar. Dengan menerapkan metode fun learning, tujuannya agar anak-anak mencintai belajar dan menganggap belajar itu menyenangkan, dan anak akan menjadi lifelong learner untuk selalu mengembangkan dirinya. Seperti apa metode fun learning yang bisa Anda coba di rumah? Ikuti beberapa tips berikut.

1. Memberi Mainan Edukasi

Mainan edukasi seperti lego atau building set tak hanya menyenangkan dan bisa membuat si kecil sibuk selama berjam-jam, namun secara tidak sadar ia sedang mempelajari matematika dan dasar-dasar dalam engineering.

2. Fasilitasi Minat Anak

Anak bisa belajar dari hal-hal kecil yang menjadi minatnya. Amati apa yang sedang ia sukai saat ini dan ajak ia belajar dengan cara yang menyenangkan. Karena ketika ia menyukai obyeknya, ia tidak akan merasa sedang dipaksa belajar. Misalnya mainan favoritnya adalah dinosaurus, Anda dapat membeli buku bergambar berisi macam-macam dinosaurus, yang berisi seputar karakter hingga makanan dari masing-masing jenis dinosaurus.

3. Buat Warna-Warni

Sesuatu yang berwarna-warni selalu menarik perhatian anak. Anda dapat menggunakan cat air atau parasut besar untuk membawa warna ke dalam pembelajaran menyenangkan di dalam rumah. Anda juga bisa menggunakan ragam warna ketika memperkenalkan huruf dan angka pada si kecil.

4. Memberi Contoh

Hal yang paling penting agar anak menyukai belajar adalah Anda sendiri harus menjadi role model bagi si kecil. Ia akan menyukai membaca jika Anda sendiri memang hobi membaca. Ketika bermain mainan edukasi dengan anak, tunjukkan antusiasme Anda dalam bermain. Ini akan menunjukkan aktivitas belajar itu menyenangkan, dan akan menjadi fondasi solid untuk menjadikannya lifelong learner. Anda juga bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama seperti misalnya ketika ia mewarnai, Anda bisa mewarnai buku mewarnai yang dibuat khusus untuk dewasa.

5. Bermain Bersama

Permainan seperti monopoli, basket, atau bermain sandiwara-sandiwaraan dapat mengajarkan anak banyak hal dan keterampilan yang berbeda-beda. Bermain permainan tradisional atau menciptakan permainan sendiri bisa menjadi cara yang hebat untuk anak belajar. Misalnya, buat permainan kartu yang sederhana untuk memperkaya kosa katanya, atau permainan memori.

Ada banyak kelas dan aktivitas seru di Parentstory untuk usia prasekolah yang akan mengajak anak-anak bermain sambil belajar dengan metode yang menyenangkan, mengembangkan sensori, bersosialisasi, dan masih banyak lagi manfaatnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera booking kelas di Parentstory dengan harga yang lebih hemat.

Temukan pilihan aktivitas, kelas, dan kegiatan edukatif untuk anak dan orang tua, serta beragam artikel menarik seputar kesehatan, parenting, dan gaya hidup keluarga modern. Download aplikasi Parentstory sekarang di App Store dan Google Play Store.