Yuk, Yoga sambil Role Play #Dirumahaja!

Manfaatkan momen karantina mandiri dengan bermain peran bersama anak. Asyiknya lagi, bisa sekaligus yoga. Ini juga bisa menjadi aktivitas ngabuburit selama harus menjaga jarak fisik.

Yuk, Yoga sambil Role Play #Dirumahaja!

Di masa pandemi ini, bukan hanya orang tua yang merasa penat bahkan stres, anak-anak pun dapat mengalaminya. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengajak anak Anda untuk yoga bersama-sama. Yoga dapat memberikan kedamaian yang Anda butuhkan, sementara si kecil dapat mengembangkan beberapa keterampilan gerakan untuk proses tumbuh kembangnya. Seperti, keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan. Selain itu, juga bisa membantu anak belajar mengelola emosi, konsentrasi, berpikir positif, meningkatkan kepercayaan diri, dan ekspresi diri. Bonusnya, Anda dan anak pun memiliki tubuh yang lebih optimal dalam menjalani ibadah puasa.

Ingin memperkenalkan yoga kepada anak atau keponakan Anda? Tidak ada cara yang lebih baik selain melakukannya lewat permainan. Karena sebagian besar pose yoga untuk anak-anak adalah gerakan meniru alam dan hewan. Anda bisa mengajak anak bermain peran atau role play, meniru gerakan-gerakan tersebut. Berikut ini adalah beberapa pose yoga yang mudah dipraktikkan bersama anak Anda, terinspirasi oleh karakter alam dan hewan.

Berperan Menjadi Gunung yang Kokoh

Minta anak untuk berdiri dengan kedua kakinya, tegakkan tubuh dan renggangkan tangan ke atas kepalanya dengan kuat, seperti hendak menyentuh langit. Minta ia menempelkan kedua tangan di atas kepalanya dan berpura-pura seperti sedang menjadi sebuah gunung yang kokoh dan kuat.

Berperan Menjadi Pohon yang Besar

Berdiri dengan satu kaki yaitu kaki kiri, lalu minta anak untuk menempelkan telapak kaki kanannya pada paha kaki kiri. Seimbangkan tubuh, dan perlahan angkat tangan ke atas kepala, tempelkan kedua telapak tangan di atas kepala. Kemudian, minta anak tarik napas dan buang napas. Katakan padanya, bahwa Anda dan dirinya sedang menjadi sebuah pohon besar di tengah hutan.

Berperan Menjadi Singa si Raja Hutan

Gerakan ini terdapat pada buku Zoo Zen: A Yoga Story for Kids. Dalam yoga, gerakan ini disebut Simhasana, yang posenya mirip seperti sedang menjadi singa. Caranya, berlutut di atas yoga mat atau karpet, lalu tempelkan bokong pada tumit. Minta si kecil menekan telapak tangannya pada lutut, lalu menjulurkan jari-jari seperti cakar. Minta ia bernapas melalui hidung, buka mulut, dan coba regangkan lidah hingga menyentuh dagu. Hembuskan napas keluar melalui mulut dan minta ia mengaum dengan kencang.

Berperan Menjadi Beruang yang Sedang Bersantai

Gerakan yoga ini bernama Merudandasana. Caranya, duduklah dengan meluruskan kaki, lalu raihlah ujung jari kaki. Perlahan, minta anak untuk mengangkat kedua kakinya sambil terus memegang ujung jarinya. Tantang ia untuk tetap menyeimbangkan diri, sambil terus menatap lurus ke depan, dan bernapas.

Berperan Menjadi Bunga yang Mekar

Duduklah bersila dan pegang kedua pergelangan kaki. Lalu, angkat kaki perlahan dari lantai atau yoga mat, dan cobalah untuk menyeimbangkan posisi. Minta si kecil untuk membayangkan dirinya seperti sedang menjad bunga yang akan mekar, sambil tersenyum.

Berperan Menjadi Gorila

Pose ini dalam yoga bernama Padahastasana. Caranya, membungkuk sehingga tangan anak bisa menyentuh jari-jari kakinya. Boleh sedikit menekuk lutut. Angkat jari-jari kaki dan geser tangan ke bawah jari kaki. Pastikan telapak tangan menghadap ke atas, dan jari-jari tangan sejajar dengan jari-jari kaki. Nah, sekarang tangan anak berada di bawah kakinya. Minta anak untuk terus bernapas dengan ritme teratur.

Agar yoga berjalan nyaman, lakukan ini

  • Sebelum mulai, pastikan anak-anak mengenakan pakaian yang nyaman.
  • Lakukan yoga di ruangan yang cukup lapang, agar bisa melakukan gerakan dengan lebih leluasa.
  • Setelah Anda dan anak melakukan beberapa pose bersama, alihkan fokus ke pernapasan dalam dan tahan setiap gerakan selama lima hitungan.
  • Anak-anak dapat menafsirkan pose yoga dengan cara yang berbeda, tidak masalah! Biarkan mereka mengubah nama pose atau menyesuaikan gerakan dengan kemampuannya agar yoga berjalan lebih berkesan dan menyenangkan.
  • Pose anak tak harus sempurna atau seperti yang Anda contohkan. Biarkan ia berkreasi dan membuat gerakan menyenangkan sesuai kreativitasnya.